Rektor Unnes : Kekuatan Nilai Nilai Pancasila Akan Terus Diuji

Daerah439 views

SEMARANG,kabarone.com- Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia akan mengalami tantangan yang semakin beragam dan komplek terutama di era Globalisasi.Dinamika tantangan yang muncul seperti kompetisi yang ketat, pertumbuhan ekonomi, revolusi industri 4.0, dan masyarakat di era Civil Sosiety 5.0 menjadi ujian kedepan terhadap kekuatan nilai-nilai Pancasila.

Hal ini disampaikan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam Focus Grup Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Polda Jateng bersama Lemhanas RI di Grand Candi Hotel baru baru ini.

“Adanya pergeseran dan pengembangan kebutuhan dasar yang tidak semata mata kebutuhan primer, sekunder, dan tersier menjadi kebutuhan akan wifi dan baterai (Komunikasi) merupakan indikasi kuat globalisasi dan era disrupsi” imbuh Profesor pecinta olahraga tenis in.

Ditambahkan oleh Fathur bahwa Unnes telah banyak program yg linear dengan Kemendikbud tentang Pelajar Pancasila,sebagai contoh pendidikan Bela Negara bagi mahasiswa UNNES di Rindam IV Diponegoro, Pendidikan Pancasila berbasis Pondok Pesantren dan yang paling baru adalah aktualisasi Nilai Pancasila dalam menghadapi Covid 19 melalui sinergitas dengan Pemerintah.

Selain Rektor Unnes sebagai pembicara pada FGD yang bertemakan ‘Mencari Bentuk Implementasi Nilai Nilai Pancasila’ di Era Globalisasi itu, juga hadir Dekan Fakultas Hukum Unnes Dr Rodiyah SPd SH MSi.

Selaras apa yang dipaparkan oleh Rektor Unnes, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Ahmad Lutfi SH mengatakan bahwa di era Globalisasi ini Kesaktian Pancasila akan diuji, banyak ideologi baru yang muncul dan mudah di akses oleh masyarakat, yang akan menimbulkan banyak pertanyaan.

“Salah satu nilai pancasila yaitu gotong royong akan menjadi solusi ketika intoleransi dan radikalisme muncul di masyarakat, perbedaan yang mengarah pada permusuhan dan perpecahan bangsa negara jangan sampai menjadi bahan para teroris” kata Luthfi.

Acara yang dihadiri oleh Prof Dr Ir Reni Mayerni MP (Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI) Mayjen TNI Gunung Iskandar (Tenaga Pengkaji Bidang Politik Lemhannas RI), Pejabat Utama TNI,POLRI, Kejaksaan, Unsur Pemerintahan, dan Akademisi berlangsung lancar.

Bertindak selaku moderator, Staf ahli rektor bidang kerja sama dalam negeri dan income Eka Yuli Astuti SPd MA. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *