Seminar Kesehatan Ibu dan Anak Digelar, Cegah Growth Fallering

Daerah100 views

KOTABARU,kabsrOne.com- Seminar Kesehatan Ibu dan Anak serta Lomba Balita 2024 digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kotabaru melalui Dharmawanita Dinas Kesehatan Kotabaru.

Seminar dibuka langsung oleh Ketua TP. PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar di Gedung Ratu Intan, Kamis (23/07/2024).

Ketua Tim Penggerak PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana Sayed Jafar mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan pengembangan orang tua dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal, meningkatkan motivasi masyarakat dalam pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita, serta menurunkan prevalensi stunting dan angka kematian bayi dan balita.

“Upaya pencengahan dan penurunan stunting yang bertujuan untuk mengedukasi ibu-ibu dalam optimalisasi peran penting 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) yang merupakan masa periode emas anak,” ungkapnya.

Dan semua sektor berkomitmen mengurangi stunting melalui komitmen mereka dalam merencanakan pencengahan dan penurunan stunting akan efektif jika intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif dilakukan secara konvergensi bersama-sama dan terintegrasi oleh semua unsur baik Pemerintah, swasta dan masyarakat.

“Melalui seminar ini diharapkan dapat terwujudnya masyarakat dengan konsumsi gizi seimbang dengan tema ” Peran Nutrisi Untuk Mencegah Growth Fallering,” tambahnya.

Lebih lanjut, dengan adanya kegiatan ini diharapkan ibu-ibu yang memiliki anak balita bisa rajin ke Posyandu dan memperhatikan kesehatan anak. Sehingga pemenuhan gizi dan imunisasi lengkap anak, serta sukseskan PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio 2024 menuju generasi emas, dengan upaya maksimal kita bersama untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam mewujudkan masyarakat Indonesia sehat produktif, berdaya saing, khususnya masyarakat Kabupaten Kotabaru.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Dinas Kesehatan Kotabaru, Ida Gelora Erwin Simanjuntak membahayakan, masa balita merupakan masa emas dimana pertumbuhan anak berlangsung cepat dan masa ini sangat menentukan masa depan seorang anak.

Dan kegiatan ini merupakan program kesehatan balita guna meningkatkan dan mengetahui bagaimana perkembangan kesehatan balita dan tingkat kecerdasan yang dimiliki setiap balita.

“Lomba balita sehat ini mempunyai tujuan yaitu, meningkatkan motivasi bagi orang tua serta para kader tentang pentingnya menjaga kesehatan dan gizi balita serta pemantauan tumbuh kembang balita serta menambah wawasan tentang kesehatan balita melalui imunisasi dan produksi ibu demi kesejahteraan keluarga dan untuk memantau kesehatan tumbuh kembang balita secara berkala,” paparnya.

Kegiatan seminar ini dirangkai dengan lomba Balita Sehat dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang dilaksanakan Dharma Wanita Persatuan Dinas Kesehatan Kotabaru yang bekerjasama dengan Klinik Aulia Wibisono.

Peserta Lomba Balita Sehat ada 40 anak yang berasal dari beberapa Posyandu yang ada di Kecamatan Pulau Laut Utara dan Kecamatan Pulau Laut Sigam, dengan Tim Penilai dari Dokter Spesialis Anak Dr. Syahrurrahman, Sp. A , Dokter Gigi drg. Dian Sari, Ahli Gizi Norma Herlina Sari, AMG.

Adapun aspek yang dinilai adalah, Imunisasi Lengkap, Status Gizi, Status Gigi dan Status Tumbuh Kembang.

Dalam Lomba Balita Sehat 2024 untuk Juara 1 diraih Raya Khalisa Muriansyah dengan skor 710, Juara 2 Ahmad Alfarizqi jumlah skor 702, Juara 3 Muhammad Rayga Dwinanda skor 680 dengan mendapatkan Tropy, Piagam dan Uang Pembinaan, dan diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Ketua TP. PKK Kotabaru, Ketua DWP Kotabaru dan Ketua DWP Dinas Kesehatan Kotabaru bersama Dokter Spesialis Anak.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *