by

Lansia Se-Provinsi Jambi 29.256 Orang, Pemerintah Jambi Beri Perhatian Khusus

-Daerah, Regional-1,022 views

Kabarone.com, Jambi – Guna meningkatkan pelayanan kesejahteraan masyarakat lanjut usia (lansia) khususnya di wilayah Jambi, Pemerintah Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi daerah(Rakorda) peningkatan pelayanan kesejahteraan lanjut usia berbasis data base bertempat di Hotel Nusa Wijaya, Senin(14/12).

Rakorda dibuka oleh Asisten II Bidang Kesejahteraan, Havis Khusaini yang mewakili Gubernur Jambi, dan turut didampingi oleh Sekretaris Komda Lansia Provinsi Jambi, Rafli Nur.

Dalam kesempatan tersebut Havis mengatakan, Peran komisi daerah lansia dalam tugasnya membantu dan memberi pertimbangan kepada Guberur serta mengkoordinasikan pelaksanaan penyusunan kebijakan dalam rangka peningkatan kesejahteraan lansia daerah.

“Peningkatan kesejahteraan lansia tersebut meliputi layanan keagamaan, mental spritual, layanan kesehatan, layanan kesempatan kerja, layanan pendidikan dan latihan,”jelasnya.

Sebaran lansia juga terdistribusi secara merata, daerah yang skor Indeks pembangunan manusia (IPM) nya tinggi, persentase penduduk lansianya juga tinggi seperti Kabupaten Kerinci 8.9 persen, Kota Sei Penuh 7.9 persen, Kabupaten Muara Jambi 7.7 persen.

Menurut Rafli Nur, dengan rakor ini untuk tahun yang akan datang terjalin sinkronisasi dan sinergitas program komnas, komda Provinsi Jambi dan Kabupaten kota.

“Untuk itu Pemerintah Provinsi Jambi melalui dinas kesehatan, telah membuat khusus bagi lansia yang mau berobat ke Puskesmas, Puskesmas santun lansia, mereka tidak antri. Punya ruangan khusus, cek labor, senam lansia, pos yandu lansia,” terangnya.

Dalam Rakorda ini turut menghadirkan narasumber dari Direktur Pelayanan Sosial Lanjut Usia Kemensos, Tuti Hariyati dan Sekretaris Komnas Lansia RI Heru Martono yang mengungkapkan bahwa saat ini dari data base yang ada di Komda Provinsi Jambi atas lansia se-Provinsi Jambi ada sebanyak 29256 orang.

“Data itu bisa berubah karena komunikasi daerah yang belum masuk,” ungkapnya. (Inr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *