Wujudkan Nias Swasembada Beras, Wakil Bupati Panen Raya Perdana di Desa Lasara Idanoi

Daerah, Regional723 views

Kabarone.com, Nias Induk – Wakil Bupati Arosokhi Waruwu, SH, MH melakukan panen raya padi di kelompok tani “ BERSAMA ” di Desa Lasara Idanoi, Kecamatan Gido, Rabu (11/05).

Panen raya perdana bersama kelompok tani tersebut juga turut dihadiri Kasdim 0213 Nias, Asisten Sekda Kab. Nias, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Kab. Nias, Sekretaris Dinas Kab. Nias, Ketua Kelompok Tani, SKPD terkait serta warga Desa Lasara Idanoi.

Arosokhi Waruwu, SH, MH Wakil Bupati Nias kepada Kabarone mengatakan, Pemkab Nias akan terus membantu kelompok petani Bersama dalam meningkatkan produksi pertanian, sehingga misi Kabupaten Nias menjadi swasembada pangan.

“Saat ini Kabupaten Nias akan kita dijadikan andalan Kepulauan Nias menjadi swasembada beras. Target produksi pun setiap tahun terus dinaikkan tentu saja hal ini bukanlah pekerjaan ringan mengingat berbagai kerusakan infrastruktur masih ditemukan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati Nias mengatakan, bahwa saat ini Kabupaten Nias ditargetkan dapat memproduksi lebih banyak gabah. “Ini menjadi bahan kerja keras kita semua ditengah banyaknya kerusakan infrastruktur, dan iklim yang kurang baik, untuk bisa mencapai target ini perlu dukungan bersama, terutama dalam membangun jaringan irigasi, dan peralatan,” tegasnya.

Beliau pun menjelaskan bahwa jaringan irigasi di Kabupaten Nias masih ada kekurangan dan perlu pengkajian lebih baik dan SKPD unit terkait dan kita harapkan Dinas terkait baik PPL dapat menyesuaikan pola tanam dengan melihat situasi.

Ditempat yang sama, pihak Dandim 0213 Nias dalam hal ini Kasdim 0213 Nias Mayor ARH Keles Sinaga mengatakan, Kodim 0213 Nias dan jajarannya kebawah siap mendampingi dan membantu petani dalam melaksanakan dan mengembangkan pertanian dalam rangka menjadikan Kabupaten Nias swasembada Pangan.

Sebagaimana laporan dari Dinas pertanian pada panen perdana padi sawah varietas kartika 182 di kelompok tani “ Bersama “ ini telah memperoleh gabah 5,9 ton setiap 1 ha. (Fr. Lature).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *