by

Para Hakim Halal Bihalal, Perkara Pidana dan Perdata Dalam Agenda Persidangan di PN Lamongan Ditunda

-Hukum-836 views

Kabarone.com, Lamongan – Beberapa perkara yang akan disidangkan di Pengadilan Negeri Lamongan hari ini, Rabu (27/7) rupanya ditunda dan digantikan dihari berikutnya yaitu Kamis (28/7).

Penundaan agenda persidangan bukan tanpa alasan. Penundaan sidang tersebut karena para jajaran hakim sedang ada kegiatan di Pengadilan Tinggi Surabaya.

Menurut beberapa sumber yang kami himpun dilapangan, Selasa (26/7) siang di lingkup Pengadilan Negeri Lamongan bahwa hari Rabu (27/7) direncanakan semua jadwal sidang akan ditiadakan. Akan tetapi, ada juga yang menyebut agenda sidang beberapa perkara akan digelar.

Humas Pengadilan Negeri Lamongan, Jumaidi Apri Ahmad, SH.,MH Mengatakan, bahwa memang benar, khusus hari Rabu semua hakim ada kegiatan diluar yakni di Pengadilan Tinggi Surabaya untuk menghadiri acara halal bihalal.

“Acara halal bihalal tersebut mulai dari pagi sampai selesai. Itu yang membuat acara kegiatan adalah Pengadilan Tinggi Jawa Timur yang diikuti seluruh pengadilan se – Jawa Timur. Minggu lalu informasinya sudah ada, makanya jadwal sidang hari rabu tidak ada, dan agenda sidang dilanjutkan hari berikutnya yaitu kamis. Kecuali perdata, paling sidang ya siang jam 13.00 WIB, itupun yang sudah terlanjur ditetapkan,” jelasnya.

Sebagai informasi untuk publik secara meluas, Jumaidi kembali mengatakan, bahwa pihaknya dalam hal ini Pengadilan Negeri sudah koordinasi dengan kejaksaan tentang adanya informasi yang diterima sebelumnya, jika satu minggu yang lalu para hakim akan ada kegiatan di Pengadilan Tinggi Jawa Timur.

Penundaan acara dalam agenda persidangan tersebut, lanjutnya, bukan hanya Pengadilan Negeri Lamongan saja akan tetapi semua Pengadilan Negeri se- Jawa Timur, itu juga menyangkut Pengadilan Agama dan Militer.

Menyangkut Informasi terkait tidak adanya sidang di hari rabu dan ditunda di hari berikutnya dibenarkan juga oleh Kasipidum Kejaksaan Negeri Lamongan, Adhi Setyo Prabowo, SH. Menurutnya, pihaknya sudah menandatangani berkas berita acara, jika tidak ada perkara yang disidangkan di hari rabu.

Mengenai hal itu dan dalam keterangan tersebut menandakan bahwa, antisipasi balik kucing atau kecewa dari pihak keluarga terdakwa untuk menghadiri proses persidangan di Pengadilan Negeri Lamongan dalam memberikan dukungan moral pada terdakwa, sudah diantisipasi sebelumnya. Sedangkan, itu termasuk juga jadwal sidang penundaan, yang digeser dan dilanjutkan pada hari Kamis.

“Rabu tidak ada sidang, para hakim ada acara halal bihalal. Jadwal sidang akan dilanjutkan pada hari berikutnya yaitu di hari kamis. Untuk berkas perkara, semua sudah saya tandatangani. Berkas sidang hari rabu ditunda hari kamis dengan total 35 agenda perkara yang akan disidangkan,” jelas Adhi, (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *