Pelantikan Ketua Dekranasda Konut Periode 2016-2021 Oleh Ketua Dekranasda Prov.Sultra DRA.Hj.Tina Nur Alam,MM

Daerah, Regional987 views

Kabarone.com, Wanggudu – Ibu Tina Nur Alam lantik Nur Ponira Ir.H.Ruksamin,SE.,M.Si sebagai ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Konawe Utara‎, Selasa (1/11) di Aula Pemkab Konut. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Konut, Jefry Frananda, Wakil Bupati Konut, Raup, serta para ka.SKPD dan Kepala Desa Kab.Konawe Utara.

Sebelumnya dilakukan penanda tanganan Pelantikan dan penobatan oleh Ibu.Hj.Tina Nur Alam dilanjutkan dengan Foto Bersama serta sambutan Bupati Konawe Utara, H.Ruksamin.

Dalam sambutannya Ruksamin mengatakan, kita berterima kasih dan bersyukur atas kehadiran dari Ibu Ketua Dekranasda Prov.Sultra yang telah melakukan pelantikan Ketua dan pengurus Dekranasda Konut Periode 2016-2021. Selain itu wilayah Konawe Utara ini kita ketahui bahwa memiliki SDA yang begitu besar sehingga perlu adanya peran serta para Ibu-Ibu terutama yang telah dilakukan pelatikan sebagai Ketua dan para pengurus Dekranasda Kabupaten Konawe Utara, terang Ruksamin.

Lanjut dia, daerah kita belum lama ini dikunjungi oleh investor dari Korea untuk kerjasama dalam hal pariwisata dan lainnya dan tentunya Dekransada dalam hal ini berpeluang untuk maju dan menunjukkan kreativitasnya, kerajinannya, harap Ruksamin.

Tentunya dalam hal ini nantinya kita harus  kelola daerah kita ini secara maksimal dari segala lini seperti tempat wisata, jelasnya.Kerajinan daerah yang bisa kita angkat di tempat-tempat wisata seperti di Kecamatan Wawolesea, Taipa dan Kecamatan Oheo dan daerah lainnya harus kita genjot, terangnya.

Sementara, Ketua Dekranasda Prov.Sulawesi Tenggara, Hj.Tina Nur Alam saat menyampaikan sambutannya mengatakan, Dekranasda Konawe Utara yang telah dilantik diharapkan bisa memenuhi dan melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik.

“Dalam hal peningkatan dan pelatihan para perajin daerah Konawe Utara untuk menopang dari kemajuan Dekranasda daerah kita ini,” jelasnya.

Dekranasda Konut, sudah berusaha keras dengan mengangkat kerajinan kain tenun dan anyaman (Bosara) yang menjadi kerajinan di Konawe Utara ini, namun desainnya perlu ditingkatkan lagi, jangan hanya Bosara tetapi anyaman bentuk lainnya seperti motif Sorobita (Bidadari) yang bisa kita pamerkan dan unggulkan.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bupati dan perangkatnya yang mana sangat pro aktif dalam hal ini, bahkan jika bisa nanti kita datangkan orang atau pendidik dari Jawa untuk kegiatan pelatihan Dekranasda Konut, karena jika kita ke Jawa maka dananya bisa besar namun jika Pelatihnya yang didatangkan maka bisa satu Kabupaten mendapatkan pelatihan dengan dana yang bisa di tekan artinya tak begitu besar,” ungkap Tina Nur Alam.

Lanjut dia, kalau kita buat kerajinan di sini dan dikirim ke Jawa maka peredaran dan roda ekonomi di daerah ini bisa maju, jangan kita yang mengambil dari Jawa sehingga daerah kita selalu mengeluarkan dana besar untuk hal itu. Semangat dari Bupati dalam hal ini saya lihat begitu besar sehingga saya yakin bahwa Dekranasda di Konut ini akan bisa maju pesat seperti daerah lainnya.

Ada dua yang sempat ditampilkan saat kegiatan ini yaitu Penobatan Bunda PAUD Konawe Utara dalam rangka turut menyukseskan pendidikan Nasional, PAUD baru 90, dan Insya Allah tahun depan sudah bisa setiap desa dan kelurahan memiliki satu PAUD, janji Hj.Tina Nur Alam dan itu waktunya sisa tiga bulan karena sekarang ini sudah bulan sepuluh, tambahnya.Selaku Bunda PAUD Provinsi Sultra, agar Bunda PAUD Konut setelah dilakukan penobatan ini, agar didukung sepenuhnya oleh Bupati untuk kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini, agar peningkatan mutu pendidikan bisa lebih baik, dan saya yakin Bupati masih enerjik dan yakin dia bisa membantu PAUD, seperti honor para tenaga Pendidik PAUD dalam hal seperti biaya transportasi mereka, harap Hj.Tina Nur Alam.

Anak Usia Dini itu seperti selembar kertas putih yang jika kita tulis dengan tinta apapun maka akan menjadi warna itu pula, karena itu mari kita berikan anak-anak kita pendidikan PAUD sehingga bisa mengenyam pendidikan yang lebih awal dan lebih baik, harapnya.

Kegiatan Kedua dilanjutkan dengan Penobatan Bunda PAUD Konut kepada Ibu Nur Ponira  Ruksamin. Sebelumnya Ketua Dekranasda Konut dijabat oleh DRA.Hj.Isyatin Syam Aswad,S.Ip digantikan oleh Ibu.Hj.Nur Ponira,S.Sos DR.Ir.H.Ruksamin,SE.,M.Si (Andi Jumawi-kabarone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *