Cegah kanker rahim Sejak Dini, RSUD Gambiran Kota Kediri Gelar Pemeriksaan Gratis

Ragam714 views

Kabarone.com, KEDIRI KOTA –  Berbagai rangkaian kegitan dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 52 dan HUT RSUD Gambiran Kota Kediri yang ke 141 di gelar. Dia antaranya pemeriksaan dan deteksi dini penyakit kanker rahim. Kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan gratis tersebut di ikuti hampir lebih dari 1000 orang yang memadati gedung GOR Kota Kediri.

Menurut Direktur RSUD Gambiran dr.Fauzan Adima mengatakan bahwasanya kegiatan ini merupakan serangkaian dari kegiatan yang di laksanakan RSUD Gambiran. Pemeriksaan dini penyakit kanker rahim tersebut di laksanakan gratis dan juga pemecah rekor MURI.

“Kegiatan ini baru kali ini di laksanakan dan merupkan kali yang pertama di Kota Kediri” imbuhnya.

Lebih lanjut Fauzan menambahkan data dari WHO mencatat kanker rahim merupakan penyakit yang membunuh dan perlu di antisipasi dari dini. Di Kota Kediri juga trend penyakit tersebut cenderung meningkat tapi tidak signifikan.

“Makanya kita lakukan kegiatan tersebut agar masyarakat tahu dan penyakita kanker yang membunuh tersebut” jelasnya.

Masih menurut Fauzan pemeriksaan tersebut di peruntukan bagi wanita dan yang sudah pernah menikah atau sudah menikah dan dalam kondisi tidak menstruasi.

Senada dengan Fauzan Ketua Yayasan Kanker Indonesia Kota Kediri Fery Silviana Veronica mengatakan bahwa kanker rahjim pada wanita merupakan pembunuh yang perlu di antisipasi mulai dini. Dengan kegiatan ini di harapkan masyarakat sadar akan bahaya dan bias mencegah sejak dini.

Acara yang di yang di hadiri beberapa pejabat Pemkot tersebut di buka oleh Wakil Walikota Kediri Nimhg Lilik Muhibah dan di sambut antusias oleh masyarakat.(Sis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *