by

KJG, IP, dan IZI Kembali Gelar Layanan Kesehatan Keliling di Bandarharjo

Kabarone.com, SEMARANG – PT Kalimantan Jawa Gas (KJG) dan PT Indonesia Power (IP) Unit Pembangkitan (UP) Semarang beserta Inisiatif Zakat Imdonesia (IZI) Jateng kembali menggelar kegiatan pengobatan gratis di Kampung Ujungsari, Kelurahan Bandarharjo, Rabu (5/9). Kegiatan serupa pernah digelar di Bandarharjo pada Maret lalu.

Pengobatan gratis ini merupakan rangkaian dari Program Layanan Kesehatan Keliling (LKK) yang digelar enam kali dalam setahun dan sudah masuk tahap ke 4.

Dipusatkan di Masjid Baitul Mustaqim, segenap tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan apoteker berhasil melayani 200 pasien umum dan memberikan tindakan preventif untuk 100 balita.

Adapun bentuk pelayanan yang dilakukan adalah konsultasi dokter, tensi, dan cek lab sederhana, meliputi gula darah, kolesterol, dan asam urat. Bertindak sebagai tim medis, IZI bekerjasama dengan tim pengabdian dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Pada kegiatan yang dibuka dengan serangkaian acara seremonial, Djoko Adhi, selaku Kepala Kantor IZI Perwakilan Jawa Tengah memberikan sambutan untuk menjelaskan beberapa hal mengenai Program Layanan Kesehatan Keliling.

“Kegiatan ini terselenggara berkat sinergi dari PT Indonesia Power dan PT Kalimantan Jawa Gas yang kantornya dekat dengan kampung Ujungsari, Bandarharjo. Maka dari itu, marilah kita semua mendoakan para karyawan PT Indonesia Power dan PT Kalimantan Jawa Gas bersama-sama.” terang Djoko Adhi.

Sementara itu, Herry Satria Ahmad perwakilan dari PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari usaha PT Indonesia Power dan PT Kalimantan Jawa Gas untuk lebih dekat dengan masyarakat sekitar. “Kami berharap kehadiran dari PT Indonesia Power dapat diterima dengan baik, terlebih karena listrik adalah kebutuhan utama masyarakat.” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa pemilihan masjid sebagai tempat pengobatan adalah untuk memakmurkan masjid, agar masjid tidak hanya dijadikan tempat shalat.

Senada dengan Herry Satria, Hendi Priatna selaku perwakilan dari PT Kalimantan Jawa Gas mengucapkan terima kasih atas antusias warga mengkuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut.

“Silakan bapak-bapak, ibu-ibu memeriksakan diri. Semoga program ini bermanfaat untuk masyarakat.” tuturnya.

Seperti diketahui, bahwa kampung Ujungsari merupakan wilayah yang padat penduduk. Sehingga lingkungan yang padat itu bisa berdampak pada aspek kesehatan masyarakat, seperti halnya berjangkitnya penyakit TBC yang melanda sebagian masyarakat.

Oleh sebab itu, Supriyanto, selaku perwakilan dari Kelurahan Bandarharjo mengucapkan terima kasih kepada segenap lembaga yang telah berkenan menyelenggarakan kegiatan pengobatan gratis untuk warganya.

Usai berkonsultasi dengan dokter, Siti Khoriyah (56) salah satu warga yang berobat mengaku sangat berterima kasih kepada IZI, IP, dan KJG yang telah menyelenggarakan pengobatan gratis di kampungnya. “Terima kasih mbak, dokternya ramah-ramah.” ujarnya singkat. (Amr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *