P4GN Dengan BNK Deteksi Dini Peredaran Narkoba Melalui Jalur Laut

Daerah, Regional656 views

Kabarone.com,Lamongan – Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Kabupaten Lamongan bersama Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Lamongan Jawa Timur bekerjasama dalam penanggulangan dan pemberantasan peredaran narkoba melalui jalur laut. beserta Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) diruang Sasana Nayaka lantai dua Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan.

Kegiatan P4GN ini adalah upaya sistematis berdasarkan data penyalahgunaan narkoba yang tepat dan akurat, perencanaan yang efektif dan efisien dalam rangka mencegah, melindungi dan menyelamatkan warga negara dari ancaman bahaya penyalahgunaan narkoba untuk itu diperlukan kepedulian dari seluruh instansi pemerintah dalam upaya tersebut dengan mendorong satgas di instansi pemerintah menjadi pelaku P4GN secara mandiri. Rabu (3/10/2018).

Berdasarkan surat Wakil Ketua BNK Pulang Pisau nomor 06/IX/ BNK-PP/2018 tanggal 21 september 2018 perihal kunjungan kerja BNK pulang pisau, Kompol Endro

Sementara, Hj. Kartika Hidayati Wakil Bupati Lamongan dalam hal ini mengatakan, Kami sangat prihatin terhadap pengaruh dan efek samping Bahaya Narkoba, seperti dikalangan pelajar, pejabat maupun disekitar lingkungan masyarakat umum, dengan adanya kegiatan ini diharapkan nantinya bisa menekan angka penyalagunaan bahaya Narkoba.

“Dari banyaknya pelaku pengedar narkoba mulai dari gembong besar hingga kecil yang masih beredar menghantui generasi muda, khususnya di Lamongan ini. Oleh karena itu peredaran narkoba di Indonesia bisa dikatagorikan cukup memprihatinkan, “ujar Kartika

Lebih lanjut Kartika Hidayati yang juga selaku Ketua P4GN Lamongan ini, “tentunya merasa bertanggungjawab besar terhadap masyarakat. Dengan adanya program P4GN kepada masyarakat ia bisa menggerakan dengan cara melakukan Penyuluhan Pencegahan, Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba. Dengan harapan dapat melindungi generasi bangsa dari pergaulan bahaya Narkoba.

Dalam studi banding soal penyuluhan Narkoba dapat memberikan wawasan dari segi peredaran, pencegahan Narkoba yang dinilai mengganggu tatanan kehidupan generasi bangsa selama ini. Dimana pihaknya juga sangat berterima kasih pada BNK Pulang Pisau beserta Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah,” tandas Wakil Bupati Kartika Hidayati.

Pada kesempatan ini Kompol Endro Wakil Ketua BNK Pulang Pisau menjelaskan, “para pengguna narkoba sebenarnya merupakan korban, yang di untungkan justru para pebisnis, penanam modal dan pengedar, yang sampai saat ini masih dapat digerakkan oleh aktor – aktor besar dibalik sel tahanan yang sudah dtangkap.

Endro juga menambahkan, peredaran narkoba dua tahun terkahir di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalteng mulai merambah lewat jalur laut. Sehingga pihaknya secara bersama – sama dengan Pemerintah Lamongan untuk mencegah peredaran narkoba di jalur laut sepertu dipelabuhan Kecamatan Paciran dan Brondong.

Sementara pada kesempatan ini, P4GN Lamongan bersama BNK beserta Pemkab Pulang Pisau dari masing – masing kedua belah pihak, bahaya narkotika ini yang masih marak saat ini dan pihaknya menyatakan perang terhadap narkotika dan selanjutnya memberi kenang – kenangan berupa cendra mata.

Kegiatan P4GN ini dihadiri oleh Wakil Bupati Lamongan Dra. Hj. Kartika Hidayati, M.M, M.HP selaku Ketua P4GN Lamongan, Asisten I Heru Widi, Kesbangpol, Satnarkoba Polres Lamongan, Kodim 0812 dan Lapas Lamongan.

Turut hadir pula Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, Wakapolres Pulang Pisau Kompol Endro Aribowo S.I.K selaku Ketua Pelaksana Harian BNK Kabupaten Pulang Pisau berserta rombongan BNK Pulang Pisau, “pungkasnya (red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *