by

Atas Dukungan Masyarakat, Kades Keduyung Optimalkan Pembangunan Desa

Kabarone.com,Lamongan – Profil desa dapat dijadikan sarana untuk menggali data dan informasi yang akurat dan terkini mengenai desa, serta menjadi media komunikasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Profil desa juga dapat dijadikan alat pemantau potensi dan tingkat perkembangan serta sebagai sumber data bagi kementerian dan lembaga yang ingin merencanakan program-program jangka pendek, menengah dan panjang yang berbasis pada data desa dan kelurahan. Kamis (28/3).

Ungkapan Kepala Desa Keduyung Edi Purnomo,” Pada awal tahun 2007 tugas pertama menjabat kepala desa Keduyung sangat mengharukan karena disaat perdana menjalankan roda Pemerintahan Desa tidak mempunyai kantor desa (Balai Desa) yang sebagai pusat Pemerintahan Desa, saat melakukan musyawarah desa (rapat) perdana nya akhirnya di sewakan rumah milik warga yang digunakan sebagai kantor desa sementara, sehingga di tahun 2008 dibuatkanlah kantor desa.

Pada tahun 2007 pertama kali menjabat duduk di meja desa kita telah melaksanakan tugas dan program pembangunan fisik ADD/rabat beton di wilayah RT/RW 03/03, pada tahun 2007 anggaran PAK untuk pelaksanaan program sanitasi/membuat gorong-gorong di wilayah RT/RW 01/01 sampai 03/01. Pada tahun 2008 pelaksanaan pembangunan kantor desa Keduyung dan di antara lain pelaksanaan Alokasi Dana Desa (ADD) jalan menuju balai desa dengan pembangunan Rabat Beton. Pelaksanaan PNPM Rabat Beton RT 01/01,03/01 sampai 03/02. Pelaksanaan Rabat Beton RT 02/02.
Pelaksanaan saluran air di RT 03/04 dusun Misuwur. Pelaksanaan pedelisasi di RT pak Jamal Ahmadi”, ungkapnya.

Lebih lanjut Pada tahun 2009 pelaksanaan program pembangunan yakni, melaksanakan pembangunan pendopo desa dan sekaligus melaksanakan pengurukan lapangan kantor dengan kedalaman 7 meter. Melaksanakan kegiatan pembangunan pavingisasi di jalan RT. Pelaksanaan pembangunan plengsengan dalam penanggulangan banjir. Melaksanakan pembangunan jalan akibat longsor yang ada di RT 03/02.

Sedangkan, Pada tahun 2010 pelaksanaan program pembangunan berupa pembuatan PAM/Air bersih. Pelaksanaan pembangunan jalan poros antar desa program Makadam yang bertempat jalan irigasi. Normalisasi kali dan pembuatan jalan pertanian. Rabat Beton RT 03/04 dusun Misuwur.

Kepala desa menambahkan sedikit perjuangannya untuk desa dan ia menuturkan,”Untuk tahun anggaran 2013 sampai 2019 belum pernah menerima uang perjalanan dinas, saat di saat tahun 2013 melaksanakan program pembangunan jalan pedelisasi (pemadatan) di RT 04/02 dan di tahun 2014 program antara lain pembangunan TPT antar desa, penanggulangan jalan longsor, pembangunan jalan makadam dan pedelisasi (pemadatan) jalan irigasi dan jalan desa.

Di tahun anggaran 2015 desa Keduyung dapat program antara lain pembuatan pagar kantor desa,pembangunan TPT desa Keduyung dan dusun Misuwur serta pembangunan penahan erosi (batu belah)”, tandasnya.

Di tahun anggaran 2016 desa keduyung juga melaksanakan program pembuatan jembatan pertanian,pembangunan jalan Hotmix dan pembangunan jalan TPT”,pungkas Edi Purnomo selaku Kepala desa Keduyung.

Pada tahun 2017 desa Keduyung melaksanakan program pembangunan, yaitu pembangunan TPT RT 02/01 Di Keduyung dan Misuwur. Rehabilitasi Balai Desa/Tiang dan Parkir kantor desa, pembangunan program jalan pertanian serta program pedelisasi(pemadatan jalan desa).

Pada tahun 2018 desa Keduyung juga melaksanakan program pembangunan diantaranya pembangunan TPT desa Keduyung. Pembangunan penahan Erosi dan drainase pertanian. Pembangunan Deck/beton kantor desa.(Pul/Ian/As).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *