BI Ikut Andil Meriahkan Hut Kota Lhokseumawe

Daerah, Regional767 views

LHOKSEUMAWE,kabarone.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe bersama Perbankan ikut andil memeriahkan acara Lhokseumawe City Expo dalam rangka merayakan ulang tahun Kota Lhokseumawe ke-18 serta peresmian Pasar Induk Lhokseumawe yang terletak di Jalan Lingkar Desa Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Aceh, Senin, 11 November 2019.

Setelah kegiatan pembukaan serta peresmian tersebut, Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya langsung mengunjungi booth yang dipamerkan dalam lokasi pameran, antara lain booth Kantor Perwakilan Bank Indonesia bersama perbankan. Dalam kunjungan itu, Suaidi Yahya yang didampingi Achmad Jainuri selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe melakukan simulasi penggunaan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) dengan melakukan sumbangan kepada salah satu masjid.

Dalam pernyataannya setelah simulasi penggunaan QRIS, Walikota Lhokseumawe mengapresiasi inovasi pembayaran yang diinisiasi Bank Indonesia tersebut karena memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi secara mudah, cepat, dan nyaman, khususnya di era perkembangan ekonomi digital. Terlebih lagi, dalam kegiatan Lhokseumawe City Expo ini masyarakat juga dapat melakukan simulasi penggunaan QRIS sekaligus bersedekah kepada masjid yang ada di kota Lhokseumawe.

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) adalah sebuah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran di Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan baru saja di launching pada tanggal 17 Agustus 2019. QRIS ini dikembangkan untuk mengantisipasi inovasi teknologi dan perkembangan kanal pembayaran menggunakan QR code yang berpotensi menimbulkan fragmentasi baru di industri sistem pembayaran, serta untuk memperluas akseptasi pembayaran non tunai nasional secara lebih efisien. Nantinya, dengan satu QR code penyedia barang atau jasa/penerima dana (merchant) tidak perlu memiliki berbagai jenis QR code dari berbagai penerbit.

Dalam kegiatan Lhokseumawe City Expo kali ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe telah menyiapkan QR code yang telah mengadopsi QRIS dari 2 (dua) Masjid di Kota Lhokseumawe yaitu Masjid Baiturahman dan Masjid Darussalam agar nantinya masyarakat dapat melakukan donasi untuk pembangunan kedua masjid tersebut sekaligus mencoba QRIS. Sebagai bentuk apresiasi, setiap masyarakat yang melakukan melakukan simulasi QRIS diberikan souvenir menarik.

Kegiatan edukasi dan simulasi penggunaan QRIS yang bekerjasama dengan Masjid tersebut merupakan kegiatan kedua yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe. Sebelumnya kegiata serupa juga dilakukan di Pameran “Piyoh-Piyoh” Aceh Utara yang diselenggarakan di Lhoksukon, Aceh Utara, pada tanggal 1 s.d. 3 November 2019.

Dalam kegiatan Lhokseumawe City Expo, booth Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe bersama Perbankan akan diisi dengan beragam kegiatan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) untuk meningkatkan akseptansi kartu GPN di Kota Lhokseumawe serta menyelenggarakan pekan penukaran kartu GPN di lokasi expo dan di kantor perbankan se-kota Lhokseumawe pada tanggal 11 sampai 16 November 2019.

Serta edukasi dan sosialisasi tentang ciri keaslian uang rupiah, cara menjaga rupiah dan membuka layanan penukaran uang. Adapun layanan penukaran uang kepada masyarakat mulai berlangsung sejak hari ini hingga tanggal 13 November 2019 mendatang, mulai dari pukul 15.00 hingga 19.00 WIB.(Fadhil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *