Binaan Arutmin Berhasil Kembangkan Akuaponik Di Sekolah

headline782 views

KOTABARU,kabarone.com- SMAN 1 Kelumpang Utara berhasil mengembangkan pertanian dengan sistem aquaponik, yg merupakan sebuah alternatif menanam tanaman dan memelihara Ikan dalam satu wadah (sayuran + Ikan nila dan lele), persyaratan air kolam ikan untuk memberikan unsur harga bagi tanaman tanaman sayur-sayuran, sehingga unsur hara yg berasal dr kotoran ikan tersebut tdk menjadi racun bagi ikan itu sendiri.

Sekolah tersebut saat ini menjadi salah satu sekolah yang menjadi percontohan menanam sayur dengan sistem aquaponik, keberhasilan tersebut tak terlepas dari dukungan dan binaan PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin sebagai pembina melalui program CSR tahun 2019.

Untuk mengembangkan program CSRnya di tempat yang berbeda, kini PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin mengajak Tim PKK Desa Geronggang berkunjung ke SMAN 1 Kelumpang Utara, Senin, 14/12/2020 untuk mengetahui dan belajar tentang sistem pengelolaan aquaponik agar kreativitas serta keterampilan Tim PKK Desa Geronggang bisa menjadi lebih baik dan dibanggakan.

Superintendent Adm LA dan EACD Andi Alvhian Noor melalui supervisor CD Noor Firdaus mengatakan, kunjungan tim PKK Desa Geronggang ke SMAN 1 Kelumpang Utara salah satunya adalah untuk memotivasi tim PKK Desa Geronggang agar bermanfaat dlm mempelajari tentang aquaponik dan bisa mengaplikasikan nantinya.

Katanya, dengan hadirnya mereka di SMAN 1 ini, agar ke depannya mereka bisa mengaplikasikan di Desa mereka, kalau berhasil maka bisa dikelola dengan baik dan semoga bisa menjadi nilai ekonomis bagi mereka.

PT Arutmin berharap ibu- ibu yang ada di Desa mereka bisa mengembangkan aquaponik di muka rumah masing-masing minimal untuk keperluan rumah tangga mereka sendiri.

Terpisah, Ferry Ariadi Wardhany juga menambahkan, semoga dengan adanya kunjungan tim PKK Desa Geronggang ke SMAN 1 ini bisa bermanfaat dan nantinya bisa mengaplikasikan di Desa mereka masing-masing untuk menunjang perekonomian minimal dalam rumah tangga, ujarnya.

Sementara Kepala Sekolah SMAN 1 Kelumpang Utara Nasri, S. Pd mengatakan, Alhamdulillah ke datangan ibu-ibu PKK hari semangat dan antusias mendengarkan penjelasan saya seputaran tentang pengelolaan sistem aquaponik, yang pada intinya pengembangan aquaponik itu tergantung lahan dan air, pungkasnya.

Kata Nasri, saat ini kami mempunyai 1 lagi tambahan kolam tinggal dibuatkan jaring di atasnya sesuai bahan dan dana yang tersedia, apalagi dibantu PT Arutmin untuk percontohan, lebih mantap lagi, tutupnya.(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *