Ditengah Pandemi Covid-19, Ibu- Ibu PKK Berinovasi, Sayur Sistem Hidroponik Panen

Daerah594 views

KOTABARU,kabarone.com Melalui program PPM PT Arutmin Senakin Mine, Kelompok tani Pemberdayaan ibu-ibu PKK Desa Geronggang Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru memanen sayuran dengan budidaya tanaman sayuran sistem hidroponik, Sabtu, 27/3/2021.

Sebanyak 250 ikat sayuran sawi yang dipanen oleh anggota kelompok Ibu- ibu PKK Desa Geronggang, kata Hariani atau yang akrab di sapa Mama Diva.

Kegiatan ini merupakan keberhasilan kelompok dalam merancang ketahanan pangan keluarga di tengah pandemi virus corona (COVID-19), dan dimasa pandemi seperti sekarang ini sangat penting bagi kaum ibu- ibu untuk melakukan kegiatan- kegiatan yang bermanfaat yang tentu saja memghasilkan.

Dengan keberhasilan panen ini, Hariani berharap kelompoknya dapat terus mengembangkan lagi inovasi- inovasi baru dalam memanfaatkan lahan kosong, tidak hanya pengembangan tanam saja, serta mengatur pola ketahanan pangan di rumah masing-masing, dan kegiatan ini dapat berkelanjutan dan terus berkembang sehingga bisa sedikit membantu serta meningkatkan perekonomian, ujarnya.

Sebagai upaya untuk peningkatan kemandirian ekonomi dan pemberdayaan perempuan ibu- ibu PKK Desa Geronggang, dampak positifnya adalah bisa membantu perekonomian bagi ibu-ibu yang terlibat di dalam kegiatan ini, menjual hasil sayuran segar kepada masyarakat dengan harga lebih murah.

Tambahnya lagi, hasil panen tersebut langsung dikirim kepada warga yang sudah memesan dan pedagang di pasar, sedangkan untuk hasil penjualannya akan digunakan untuk pengembangan kelompok dan kas kelompok.

Saya mewakili kelompok Ibu-ibu PKK sangat berterima kasih kepada PT. Arutmin Senakin yang sudah mmbantu dalam hal pengadaan kegiatan ini yang merupakan salah satu program Pemberdayaan Masyarakat.

Sementara Superintendent Adm La dan EACD Arutmin Senakin Andi Alvhian Noor melalui CD Officer Ferry Ariadi Wardhany mengatakan, Alhamdulillah kelompok Ibu-ibu PKK Desa Geronggang bisa berhasil panen untuk yang kedua kalinya, semoga ke depannya akan terus brhasil dan selalu kontinue sehingga bisa menciptakan kemandirian ekonomi untuk warga masyarakat Desa geronggang dan menjadi contoh bagi ibu- ibu PKK lainya.(HRB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *