Akhir Tahun 2021, PT. BIB Bangun Pondok Pesantren Terbesar di Tanbu

Daerah550 views

Tanah Bumbu,Kabar One.com-Dengan menghabiskan anggaran dari Dana CSR sebesar Rp. 8,9 Milyar, diatas lahan seluas 12 hektar ini akan didirikan sarana belajar pendidikan agama.

Hal ini diungkap oleh Senior Manager CSR PT. Borneo Indobara (BIB), Dindin Makinudin dalam laporannya dihadapan Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, yang hadir bersama para Pimpinan SKPD dan Anggota DPRD Tanah Bumbu pada acara Peresmian Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pondok Pesantren Syarif Ali, Rabu (29/12/21) di Desa Angsana Kecamatan Angsana.

“Akan dibangun sebanyak 5 lokal dengan 24 ruangan yang akan bisa menampung 1000 santri. Selain itu akan dilengkapi pula dengan membangun Masjid berkapasitas 1000 jamaah,” jelas Dindin.

Sementara Kepala Tekhnik Tambang PT. BIB, Riyadi Simka Pinem dalam sambutannya menyebut, Pondok Pesantren Syarif Ali menjadi Multy School pertama yang dibangun oleh PT. BIB sebagai salah satu kontribusi dan peran PT. BIB dalam menjalankan tanggungjawab sosial.

“Sebagaimana kita ketahui, PT. BIB yang beroperasi di wilayah Angsana dan Sei Loban ini tentu mempunyai tanggungjawab sosial. Tentu kita sadari, bahwa kita harus mampu berkontribusi secara maksimal terhadap daerah untuk memajukan Pilar Pendidikan selain 8 Pilar lain yang sudah berjalan melalui kerjasama dengan Pemerintah Daerah, Muspika dan Pemdes untuk membangun desa desa melalui Dana CSR yang berkelanjutan,” sebut Riyadi.

Dikatakan Riyadi, pihak perusahaan PT. BIB berharap, jika saatnya nanti perusahaan akan berhenti beroperasi akan ada peninggalan atau warisan yang terus bisa dinikmati manfaatnya oleh masyarakat. Perusahaan boleh saja berhenti, namun pembangunan jangan pernah berakhir.

“Masih sempat dan banyak waktu untuk kita membangun bersama sama, karena kontrak Perjanjian Kerja PT. BIB dengan Pemerintah akan berakhir pada Tahun 2036. Kita berharap, sebagai sarana pendidikan agama keberadaan Ponpes Syarif Ali akan menciptakan generasi Qur’ani di Kabupaten Tanah Bumbu,” pungkasnya.

Sementara Bupati Tanah Bumbu HM. Zairullah Azhar MSc dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang mendalam atas kepedulian PT. BIB dalam upaya mendukung Kabupaten Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah.

“Selaku Pimpinan Daerah dan diri pribadi, saya merasa bahagia dan bersyukur dengan akan berdirinya Pondok Pesantren Syarif Ali ini. Sebagaimana kita ketahui, salah satu prioritas pembangunan kita adalah membangun Sumber Daya Manusia yang bermutu dan berkualitas disertai dengan nilai nilai keagamaan dan keimanan yang tinggi,” ungkap bupati.

Suksesnya pembangunan SDM ini lanjut bupati, sangat didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan memadai. Ini menjadi penting dan strategis untuk kita tingkatkan, mengingat di Kabupaten Tanah Bumbu kebutuhan masyarakat akan sarana dan prasarana pendidikan bidang keagamaan merupakan kebutuhan dasar dalam upaya kita mewujudkan Bumi Bersujud sebagai Serambi Madinah.

“Dengan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan bidang keagamaan yang memadai, maka akan menciptakan Generasi Qur’ani yang berakhlakulkarimah di Kabupaten Tanah Bumbu ini,” pungkas bupati.

Hadir pula dalam acara tersebut, Sekdakab Tanbu beserta Pimpinan SKPD Tanbu, Anggota DPRD Tanbu, Muspika dan Pemdes Angsana, para Habaib, Alim Ulama, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, serta warga sekitar dan undangan lainnya. (M12)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *