Kunjungi BAKTI Kominfo RI, DPRD Dan Pemkab Kotabaru Serius Atasi Blank Spot Dan Sinyal Lemah

Daerah36 views

KOTABARU,kabarOne.com- Ketua dan Wakil Ketua serta Komisi I DPRD terus berupaya dalam mempercepat layanan akses internet bagi masyakat Kotabaru, dengan menggandeng Diskominfo Kotabaru untuk kunjungi BAKTI Kominfo RI, Kamis 15/6/2023.

Dengan melaksanakan Konsultasi dan Koordinasi dengan pengajuan usulan proposal Pengoptimalisasi Pemenuhan Jaringan Internet Untuk Layanan Publik ke Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementrian Komunikasi dan Informatika RI di Gedung Menara Merdeka.

Untuk merealisasikan Program Kerja DPRD Kabupaten Kotabaru tahun 2023, dalam melaksanakan Konsultasi dan Koordinasi ke Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Ini juga merupakan bukti semakin seriusnya, Pemerintah Kabupaten Kotabaru bersama Legislatif dalam mendukung sarana dan prasarana infrastruktur akses telekomunikasi dan informatika untuk masyarakat Kotabaru Bumi Saijaan.

Pengajuan usulan proposal ini langsung oleh Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis bersama Wakil Ketua, Komisi I serta Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotabaru.

Kunjungan ini bermaksud untuk mengajukan proposal usulan dalam mengoptimalisasikan pemenuhan jaringan internet untuk layanan publik, dan masih adanya jaringan blank spot di wilayah Kabupaten Kotabaru, terutama di daerah Kecamatan-kecamatan yang terpisah dengan pulau.

Nanang Fakhturahman perwakilan dari Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi menyambut baik kedatangan rombongan DPRD dan Diskominfo Kotabaru.

Dimana dalam kesempatan tersebut ia menjelaskan bahwa Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi atau BAKTI Kominfo memikul tanggung jawab memperluas akses internet dan memperkuat infrastruktur digital bagi seluruh wilayah Indonesia.

“BAKTI Kominfo mempunyai 6 program utama diantaranya, pembangunan BTS di Daerah 3T dan pembangunan ekosistem digital,” ucapnya.

Dan perlu diketahui, Bakti Kominfo mempunyai visi untuk menjembatani kesenjangan digital di Indonesia dapat dijalankan dengan melibatkan BUMDesa, sebagaimana dilaksanakan BUMDesa Pancamandala, sehingga terjadi kemandirian dan keberlanjutan dalam pemanfaatan Telekomunikasi dan Informasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara Plt. Kadis Kominfo Kotabaru Gusti Abdul Wakhid menjelaskan, Bahwa Daerah Kabupaten Kotabaru merupakan Daerah terluas diwilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan mempunyai pulau-pulau yang terpisah, sehingga masih adanya pelayanan publik yang terhambat dikarenakan masih adanya jaringan blank spot dan sinyal lemah, selain itu perlunya penambahan perbaikan jaringan mengingat Kabupaten Kotabaru sebagai penyangga Ibu Kota Negara yang Baru nantinya.

Tidak lupa juga saya mengucapkan terimakasih atas inisiasi anggota Dewan untuk bersama-sama mengusulkan, beberapa jaringan seluler yang masih banyak blank spot di Kotabaru, sehingga pelayanan publik ada yang masih tertunda maupun terhambat.

“Kabupaten Kotabaru merupakan daerah yang memiliki banyak pulau yang terpisah-pisah, berbeda dengan Kabupaten lain yang pulaunya hampir berdampingan dengan Kecamatannya, seperti Pulau 9 yang ada di Kotabaru untuk menuju pulau tersebut memakan waktu beberapa jam untuk sampai ke pulau tersebut,” jelas Wakhid.

Diharapkan dari pertemuan ini mudah-mudahan usulan kita ini masuk untuk memperbaiki jaringan yang ada di Kabupaten Kotabaru, harapnya.

Selain itu, Rombongan dari Anggota DPR yang hadir juga berharap dari pertemuan dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementrian Komunikasi dan Informatika RI dapat menerima usulan dari DPRD Kotabaru dalam mengoptimalkan jaringan internet.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *