Muhammadiyah OKU Timur Safari Ramadhan 1445 H di Buay Madang

Ragam56 views

OKU Timur ,Kabar One.com– Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) OKU Timur menyelenggarakan Safari Ramadhan 1445 Hijriah di Masjid Al-Hidayah, Desa Sukaraja, Kecamatan Buay Madang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Sabtu (23/03/2024).

Kegiatan tersebut dimulai Buka Puasa Bersama, Sholat Magrib berjamaah, Sholat Isya berjamaah, Sholat Trawih berjamaah. Selanjutnya acara inti berupa sambutan PCM Buay Madang, Penyampaian sosialisasi Zakat dari Lazismu OKU Timur, Tausyiah dari penceramah Ustadz Ustadz Mualim, S.H.I. M.Pd.I, dan penutup.

Ketua Lazismu Kabupaten OKU Timur, Preli Yulianto, S.P melalui Sekretaris Lazismu Zainal Amirin, S.Pd mengajak Warga Muhammadiyah terkhususnya Warga Muhammadiyah Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Buay Madang untuk menyalurkan Zakat, Infak, Sedekah di Lazismu Kabupaten OKU Timur.
Adapun program unggulan dari Lazismu Kabupaten OKU Timur diantara Beasiswa Mentari, Beasiswa Sang Surya, Yatim piatu tersenyum, Peduli Guru, Pencegahan Stunting, Perbaikan Gizi, dan Pemberdayaan UMKM.
Informasi layanan Zakat, Infaq dan Shadaqah Lazismu Kabupaten OKU Timur dapat menyalurkan Zakat ke Rekening BSI 7266248517 a.n Lazismu ZAKAT OKU Timur.
Kemudian untuk Infaq dan Sedekah di Rekening BSI 7266248703 a.n Lazismu Infaq dan Shadaqah OKUT. Dan dapat konfirmasi ke nomor 0851-8054-9234.
“Program unggulan Lazismu itu tidak akan bisa dilakanakan tanpa kemurahan hati Ayahanda, Ibunda, Saudara, Saudari dalam menyaluran zakat, infaq, sedekah, ke Lazismu. Ini menjadi harapan kita semua untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan pertolongan,” jelas Amirin.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Buay Madang, Sugiri mengatakan bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bulan yang penuh berkah. Safari Ramadhan ini jadi sarana kita untuk silaturahmi, meningkatkan kualitas diri, menanamkan jiwa kader yang loyalitas dalam memajukan Muhammadiyah. Dan tentunya, ingin Ramadhan ini menjadi bulan yang berkah, menjadi manusia yang bermanfaat dan mendapatkan ganjaran pahala yang berlipatganda.

“Safari Ramadah di bulan yang istimewa ini kata Allah dalam Q.S Al-Baqarah 185 dijelaskan di bulan Ramadhan dibukanya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka serta diikatnya setan-setan. PCM Buay Madang merasa bangga menjadi salah satu tujuan Safari Ramadhan PDM OKU Timur. Semoga kita bisa meraih kemenangan di bulan suci Ramadhan ini dengan meningkatkan kualitas ibadah kita, dan silaturahmi kita semua,” ujar sugiri.

 

 

Kemudian, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) OKU Timur, H. Prioyitno, S.Pd., M.M mengatakan Safari ini menjadi bagian dari gerakan dakwah Muhammadiyah di Bulan Ramadhan, juga meningkatkan ukhuwah Islamiyah kita warga Muhammadiyah, dan Masyarakat.
Pimpinan Daerah Muhammadiyah menghimbau kepada warga Muhammadiyah dan masyarakat umum untuk berzakat ke Lazismu. Lazismu itu Lembaga amil zakat infaq, shadaqah punya Muhammadiyah. Bisa menyalurkan zakat profesi, zakat pertanian ke Lazismu.

“Kita bersyukur di bulan suci Ramadhan ini bisa bersilaturahmi dalam Safari Ramadhan ini. PDM OKU Timur dalam hal ini mengajak warga Muhammadiyah untuk menyalurkan zakat, infaq, sedekah ke Lazismu, nanti banyak manfaatnya bisa untuk kemanusiaan, beasiswa, untuk yatim piatu. Seperti halnya yang diajarkan K.H. Ahmad Dahlan untuk berbagai bagi yang membutuhkan, sebagai aspek sosial kita, dalam Q.S. al-Maun diantaranya,” ujar Prio.

“Islam mengajak kita untuk berjuang bersama, berlomba-lomba dalam kebaikan. Islam mengajarkan untuk senantiasa saling membantu sesama muslim seperti yang dijelaskan dalam Surat at-Taubah ayat 71. Muhammadiyah itu organisasi bottom up mengajak dan memberi untuk negeri. Mari berzakat, mari membangun Muhammadiyah secara bersama-sama, kolektif kolegial” terangnya.

Ustadz Mualim, S.H.I. M.Pd.I dalam ceramahnya menuturkan Muhammadiyah mendorong untuk adanya kesepakatan bersama Penyatuan Kalender Islam Global sehingga soal penentuan 1 Ramadhan, dan hari-hari besar Islam, secara serempak sehingga tidak dikhawatirkan adanya perbedaan, dan menunjukan ummat Islam yang satu padu.

Dan gagasan penyatuan Kalender Islam Global tertuang dalam Keputusan Muktamar Muhammadiyah ke-47 di Makasar tahun 2015 keputusan tersebut bukan berdasarakan subjektif melainkan kajian Ilmiah yang objektif. Jika saat ini masih ada perbedaan awal Ramadhan tentu harus disikapi dengan bijak, dan saling menghargai.

Turut hadir dalam Safari Ramadhan tersebut diantaranya Ketua PDM OKU Timur H. Prioyitno, S.Pd., M.M, Sekretariat PDM OKU Timur Dr. Abdul Muhith, S.Fill, jajaran PDM Kabupaten OKU Timur, Pengurus Lazismu OKU Timur, Penceramah Ustadz Mualim, S.H.I. M.Pd.I, Ketua PCM Buay Madang, PRM Sukaraja, Warga Muhammadiyah, Organisasi Otonom Muhammadiyah, Simpatisan Muhammadiyah, masyarakat setempat, dan lain sebagainya. (Ril Muh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *