Presiden Jokowi Akan Hadiri Peringatan Hari Veteran Nasional

Nasional1,549 views

Kabarone.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo  dipastikan menghadiri cara peringatan Hari Veteran Nasional sekaligus bersilaturahim dengan para anggota  Veteran Republik Indonesia.

“Presiden akan memenuhi undangan itu dan menyampaikan komitmen kepada para veteran pada 11 Agustus nanti,” ujar Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) H. W. Sriyono dalam keterangan Pers, Jum at  (7/8).

Sriyono berharap akan kehadiran presiden dalam acara Hari Veteran Nasional nanti dapat menggugah kembali perhatian kaum muda tentang sejarah perjuangan bangsa.

“Undangan sudah kami kirimkan ke Istana,” ungkanya.

Masih menurut Sriyono, “pada saat nanti acara tanggal 11 Agustus kami mohon kesadaran masyarakat khususnya penguna jalan sepanjang lokasi kegiatan yakni Museum TNI Satria Mandala Jalan Gatot Subroto menuju Finis di Gedung Jakarta Convention Center (JCC) untuk memaklumi, karena jalan tersebut pukul 07.00 akan kami pergunakan kirap jalan kaki. Mohon pada jam tersebut agar jangan melewati jalan tersebut agar tidak terjebak kemacetan,” Ujarnya.

Terkait Hari Veteran Nasional Sesuai Kepres RI 30\2014 yang ditanda tangani oleh DR H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Agustus 2014 mendasari dasar di canangkan Hari Veteran Nasional.

Untuk menghormati, menghargai dan mengenang jasa dan pengorbanan Veteran RI yang telah berjauang membela dan mempertahankan Kedaulatan NKRI serta ikut aktif melaksanakan perdamaian dunia menjadi esensi pemahaman pencanangan Hari Veteran Nasional. Karena kemerdekaan kita bukan pemberian dari bangsa lain namun adalah dari perjuangan bangsa sampai titik darah penghabisan.

“Kita harus bisa menghormati jasa para pejuang kemerdekaan,” tukasnya.

Adapun kegiatan acara kirap nanti diwujudkan dalam  upacara Ziarah ke makam Pahlawan Utama Nasional Kalibata pada tanggal 10 Agustus 2015. Sebelum dimulai acara peringatan diadakan langkah kenangan , kehormatan, penghargaan para Veteran pada Bangsa dan negara dalam bentuk Kirap yang akan melibatkan para anggota veteran Kemerdekaan, Veteran Pembela Trikora, Dwikora, Seroja, Veteran Perdamaian, Unsur TNI POLRI, Mahasiswa serta PPM.

“Kirap ini didukung pula kendaraan taktis Perang zaman dulu beserta alutista hasil rampasan pada zaman Perang,” Ungkap Ketua DPD LVRI DKI Jakarta.

Hal senada dikatakan oleh Saharuddin Arsyad Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) yang Notabene organisasi Anak Para Veteran.

Saharuddin mengatakan “Karena PPM sebagai organisasi kepemudaan yang berasal dari putra putri veteran sangat mendukung dan menghargai kegiatan yang dilakukan oleh para veteran Indonesia. Sekaligus mengingatkan kepada generasi muda untuk selalu mengingat jasa para veteran yang telah memerdekan bangsa Indonesia ini,” ujarnya. (Amin S)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *