Makanan Ini Tak Bikin Kenyang, Justru Semakin Lapar

Ragam1,194 views

Kabarone.com, Jakarta – Saat terasa lapar, orang biasanya mengisi perut dengan makanan. Namun terkadang ​rasanya tetap ada yang kurang. ​Hal itu bisa jadi karena salah memilih makanan​, sehingga bukannya kenyang namun justru makanan tersebut malah ​bikin​ semakin lapar. ​

Karena belum merasa kenyang maka kebanyakan orang akan mencari makanan lagi. ​Padahal, kalori dan lemak yang dikonsumsi sudah banyak.

Menurut para ahli, beberapa makanan ini perlu anda dicermati konsumsinya. Karena mengkonsumsi makanan ini tak membuat kenyang, namun justru makanan ini akan membuat kita semakin lapar.

Berikut beberapa makanan yang perlu anda cermati :

1. Roti gandum

Roti gandum kabarnya mengandung sedikit kalori dan lemak. Serat dan proteinnya juga cukup. Namun, kadar indeks glikemik roti gandum cukup tinggi. Zat ini bisa menaikkan kadar gula darah dan menaikkan tingkat insulin juga.

“Insulin adalah hormon yang diproduksi pankreas yang membawa glukosa atau gula ke dalam sel tubuh. Insulin bisa menjadi energi di dalam tubuh,” kata David Perlmutter, MD seorang neurologist dan penulis buku Brain Maker​.

Di dalam tubuh yang sehat, semua glukosa dan nutrisi dari makanan akan terserap. Hal ini mengakibatkan kadar insulin turun dan tetap membuat Anda merasa kenyang. Namun, jika kadar glukosa terlalu banyak, sel tubuh akan resisten dengan glukosa dan tubuh akan menyimpan glukosa. Anda jadi gemuk, berat badan naik, serta nafsu makan tidak terkontrol.

2. Sereal

Sereal termasuk makanan kemasan. Sereal dalam bentuk hangat dan sehat sekalipun tidak membuat perut Anda terisi dalam jangka waktu yang lama karena tidak ada kandungan air yang cukup di dalamnya.

“Penelitian menunjukkan bahwa air dapat mengisi perut  daripada makanan yang tidak mengandung air,” kata Dawn Jackson Blatner, RD, penulis dari The Superfood Swap Diet. Sekotak sereal sangatlah ringan dan Anda tidak mungkin mengonsumsinya dalam sekali makan. Di dalam sereal memang terdapat vitamin dan serat, tapi keduanya tidak bertahan lama.

Jika ingin makanan yang penuh serat, coba saja oat masak dan overnight oat yang telah direndam air atau susu semalaman.

3. Buah

Makanan ini tentu punya nutrisi bagus untuk tubuh, tapi tidak memenuhi semua kebutuhan ​nutrisi. Buah juga tidak akan membantu menaikkan nafsu makan. “Buah mengandung fruktosa dan glukosa, dan tidak menaikkan nafsu makan,” kata David Perlmutter. Jika Anda ingin merasa kenyang dengan nutrisi seimbang, ada baiknya untuk mencoba paduan dua telur yang dimasak dengan minyak zaitun dan alpukat, dengan taburan garam​. Lemak, protein, serat, dan vitamin sudah ada di dalamnya. Paduan makanan protein dan vitamin ini juga membuat kenyang lebih lama.

4. Yogurt

Fermentasi susu ini terkenal akan kandungan probiotiknya yang bisa melancarkan pencernaan, ketahanan tubuh, dan memberikan bakteri baik di perut. Di dalamnya juga ada protein dan kalsium. Namun, jangan lupakan kandungan gulanya, apalagi di dalam yogurt dengan pe​rasa. Yogurtnon-fat pun punya kandungan gula dan kandungan asam linoleic.

Apalagi, studi juga menunjukkan bahwa orang tidak akan merasa kenyang jika tidak ada sesuatu yang mereka kunyah. Jadi, yogurt biasanya dimakan dengan makanan tambahan lain. Pilihlah Greek yogurt dan tambahkan sedikit madu apabila rasanya terlalu asam. (Dc/Rd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *