Ketika Jakarta Gencarkan Normalisasi Saluran Air

Daerah1,180 views

Kabarone.com, Jakarta – Sejumlah pekerja yang mengenakan kaos bertuliskan Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Jakarta Pusat tampak berbaris di dalam saluran air di selokan jalan pembanguan 2/2 RT 0011/02 , Jakarta Pusat. Mereka mencangkul lumpur selokan lalu memasukkan lumpur tersebut ke dalam karung, sesekali tanpa rasa jijik mereka menggali lumpur dengan tangan.

Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air Kecamatan Gambir Jakarta Pusat, Satino mengatakan, Sudin PU Tata Air memang sedang menggencarkan normalisasi dan pelebaran saluran air khususnya di kelurahaan petojo utara, untuk menekan angka genangan air  di Jakarta Pusat saat musim hujan.

“Kami terus melakukan normalisasi dan pelebaran saluran air di setiap RT,” kata Satino, Jumat (21/8).

Satino menambahkan, normalisasi saluran air sudah dilakukan sejak musim kemarau. Dengan demikian, saat musim hujan tiba, normalisasi dilakukan secara tidak terburu-buru.

“Normalisasi saluran air dapat menjaga lingkungan tetap sehat karena lancarnya pembuangan air kotor.hingga dalamnya selokan itu,” tambahnya.

Satino mengaku, langkah ini merupakan instruksi dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ia juga berharap peran masyarakat menjaga bersama saluran air di lingkungannya dan tidak membuang sampah kedalam saluran air.

“Kami berharap agar setiap RT mendukung kami apabila persyaratan kurang puas dan kami akan menindak lanjuti kembali membersihkan selokan itu,” tuturnya. (Sena/ H.asep).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *