by

236 Lapak Pedagang Pasar Karang Anyar Dibongkar

Kabarone.com, Jakarta – Pemprov DKI melakukan pembongkaran ratusan lapak pedagang yang ada di Jalan Karang Anyar, tepatnya di depan Pasar Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (16/9).

Dengan dikawal ratusan Satpol PP dan petugas kepolisian, sebanyak 236 lapak pedagang dihancurkan menggunakan alat berat beko dan buldoser. Para pedagang terlihat pasrah dan penertiban berjalan dengan kondusif tanpa ada perlawanan dari para pedagang.

Walikota Jakarta Pusat Manggara Pardede yang didampingi Wakil Walikota Jakarta Pusat Arifin dan Kepala Satpol PP Kukuh Hadi S di lokasi mengungkapkan, pembongkaran ini dilakukan guna mengembalikan fungsi jalan dan saluran air yang selama ini tertutup oleh para pedagang sehingga sulit untuk dibersihkan dan kerap menimbulkan banjir.

“Kami ingin mengembalikan fungsi jalan yang selama ini sulit dilewati karena aktifitas pedagang menutupi jalan ini. Kami juga ingin membenahi saluran air yang ada disepanjang ruas jalan ini yang selama ini sulit dibersihkan karena tertutup lapak-lapak pedagang, sehingga kalau musim hujan akan menimbulkan banjir,” ungkapnya.

Mangara menambahkan, sebelum melakukan pembongkaran ini pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang tentang rencana pembongkaran ini. Makanya saat dilakukan pembongkaran sebagian besar pedagang sudah mengosongkan lapaknya. Bahkan menurut Mangara, pihaknya telah memberikan solusi untuk para pedagang.

“Kita sudah sosialisasikan ke pedagang. Kemudian kita sudah memberikan solusi, 123 pedagang bisa ditampung di dalam (pasar karang anyar), 113 lagi memang tidak muat. Untuk yang 113 ini kami sudah memberikan daftar pasar yang bisa mereka masuki dan kami akan berikan rekomendasi agar mereka bisa diterima di pasar-pasar tersebut,” tegas Mangara. (Dn)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *