by

LSM LIRA Tuding Penunjukan Plt Kadis Pendidikan Bernuansa Politis

-Daerah, Regional-742 views

Kabarone.com, Konawe – LSM Lumbung Informasi Rakyat ( LIRA ) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara kembali turun ke jalan melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Konawe, Kamis ( 2/6 ).

Aksi unjuk rasa ýang dilakukan LIRA kali ini sebagai bentuk penolakan atas kebijakan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa yang telah menunjuk Kabag Pemerintahan, Jumrin Pagala, S.Sos, MM sebagai Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Konawe.

Bupati LIRA Kabupaten Konawe, Rolandsyah, SH dalam orasinya mengatakan penunjukan Jumrin Pagala sebagai Plt.Kadis Pendidikan Konawe tidak tepat.

“Penempatan jabatan yang dilakukan Bupati Konawe terhadap eselon II dalam hal ini Plt.Kadis Pendiddikan Konawe sarat akan kepentingan politik, ” katanya.

Menurutnya, Kadis Diknas harus orang yang tepat, yang menguasai ilmu tentang pendididkan. Dikatakan, penempatan pejabat yang memiliki latar belakang disiplin ilmu yang sesuai dengan jabatannya saja belum tentu sukses dan berhasil menjalankan tugasnya, apalagi ilmu yang dimilikinya sudah jelas- jelas berbeda dengan tugas yang diembannya.

“Kompetensi harus diperhatikan, tidak bisa hanya mengandalkan faktor kedekatan semata,” katanya.

Terkait kebijakan Bupati Kery Saiful Konggoasa tersebut, LIRA menilai itu adalah sebuah penghianatan terhadap aturan yang telah ditetapkan oleh oleh negara.

“Saya ingin menguji bupati Konawe, sanggupkah kemudian menarik keputusan itu dengan alasan adanya aturan ASN yang mengikat dan jejak rekam dari orang yang ditunjuk sebagai pelaksana,” tantang Rolandsyah.

Lanjut dia, seharusnya bupati mampu memberi teladan untuk senantiasa berbuat yang terbaik bagi kemaslahatan pembanguna, untuk tidak berbagi kekuasaan serta tidak mengajak siapapun dalam menentukan kebijakan.( Sukardi )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *