Pengambilan Sumpah Tenaga Administrasi Rekam Medik RSUD Dr.Soegiri Lamongan

Daerah, Regional5,511 views

Kabarone.com, Lamongan – Para petugas rekam medik yang setiap hari-harinya berhubungan erat dengan data-data pasien yang berisikan tentang kerahasiaan pasien, diambil sumpahnya sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing- masing, yang di laksanakan di Aula RSUD Dr.Soegiri, Selasa, (23/8).

Dengan disaksikan oleh rohaniawan agama Islam sdr. Drs.Masduki Yasin dan rohaniawan agama Hindu sdr.Pemangku Ngarijo, sumpah janji petugas untuk menjaga rahasia medis ini dipimpin langsung oleh Direktur RSUD Dr.Soegiri Kabupaten Lamongan, dr. Yuliarto Dwi Martono, MM.Kes dan diikuti oleh 36 orang petugas RSUD Tenaga Administrasi Rekam Medik dari 19 orang pegawai golongan III/c, III/a, III/b, III/d, II/a, II/d dan 17 orang tenaga kontrak.

Dalam kesempatan itu, Direktur RSUD Dr.Soegiri, dr. Yuliarto Dwi Martono, MM.Kes dalam sambutannya menegaskan sekali lagi bahwa dalam sumpah jabatan ini dikatakan ada Peraturan Pemerintah RI Nomor 10 Tahun 1966.

“Untuk dokter, perawat sudah disumpah dan dimana untuk tenaga non kesehatan wajib untuk menyimpan rahasia kedokteran, wajib berarti ada sanksinya apabila dilanggar,” ungkapnya.

Karena selama ini tenaga administrasi rekam medik belum pernah disumpah. Untuk mahasiswa kedokteran, dokter gigi, siswa yang kerja di RSUD Dr.Soegiri, radiografer, laboratorium dan tenaga aministrasi umum ini harus di ambil sumpah dan ini yang pertama kali dilakukan oleh RSUD Dr.Soegiri, karena betapa pentingnya hasil rekam medik data-data pasien yang ada di bagian rekam medis sangat perlu dijaga kerahasiaannya dan disimpan dengan baik tidak boleh di sampaikan ke orang lain kecuali bila diperlukan untuk memberikan kesaksian di pengadilan.

Menurutnya, rekam medik menjadi hatinya Rumah sakit, ada masalah apapun kelengkapan rekam medik sangat dibutuhkan. RSUD Dr.Soegiri sudah terbentuk Instalasi rekam medik sendiri dan sudah ber SK.

“Apapun yang diketahui dari rekam medik tetap harus dijaga kerahasiaannya dan tidak boleh di sampaikan ke orang lain kecuali diminta oleh penyidik itupun harus melalui atasannya sesuai prosedur yang ada  dalam penyelidikan perkara,” jelas Direktur.

“Terima kasih kepada semua pihak yang membantu acara ini bisa berjalan dengan lancar dan Direktur berharap seraya minta bantuan do’a agar bisa mencapai pemenuhan akreditasi karena rekam medik adalah salah satu persyaratan semua yang pegang rekam medik harus di sumpah. Sudah beberapa Pekerjaan Rumah di lingkup RSUD Dr.Soegiri perlahan-lahan satu demi satu sudah bisa diselesaikan dengan baik, mudah-mudahan akhir tahun ini akreditasi dan lulus paripurna,” tutur Direktur.

Diakhir sambutannya, Direktur RSUD Dr.Soegiri berharap kedepan semakin baik, semakin dicintai, semakin dipandang dan sebagai tujuan rujukan masyarakat Lamongan sehingga dapat menjalankan fungsi dan tugas yang lebih baik lagi serta bisa bekerjasama dalam menjalankan peran sesuai tugas pokok dan fungsinya(tupoksi) masing-masing dalam mewujudkan keinginan memperbaiki sistem rumah sakit dengan menata administrasi pelayanan yang berkwalitas. (ful,rul).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *