Satgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma Mengadakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Hankam581 views

Kabarone.com, Merauke – Satgas Pamtas Yonif 407/PK melaksanakan upacara hari kesaktian pancasila di SMP Negeri Erambu, Distrik Sota, Merauke, Sabtu (1/10). Upacara yang berlangsung khidmat tersebut diikuti oleh 105 siswa SD dan SMP yang terletak di Kampung Erambu.

Upacara yang berlangsung di lapangan SMP Negeri Erambu dimulai pukul 08.00 WIT dipimpin oleh Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK, Letkol Inf Abi Kusnianto sebagai inspektur upacara. Adapun petugas pada upacara Hari Kesaktian Pancasila ini dilakukan oleh siswa SMP Negeri Erambu.

“Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas kasihNya, kita dapat melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober Tahun 2016 dengan tema ‘Kerja Nyata untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila’,” ujar Dansatgas mengawali sambutannya.

Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertema “Kerja Nyata untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila”, Dansatgas menyatakan bahwa pemahaman mendalam terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar Negara kita adalah kewajiban bagi setiap warga negara Indonesia di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Maka, dalam posisi kita sebagai warga negara, harus menjunjung tinggi dan setia kepada Pancasila. Inti dari pasal-pasal yang ada di dalam Pancasila dapat dirasakan dengan cara kerja nyata secara bergotong royong.

Pada upacara ini dibacakan Ikrar untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ikrar dibacakan oleh Silvia Kosnan, siswi kelas 8 SMP Negeri Erambu.

Para pelajar, baik SD maupun SMP terlihat senang dan bersemangat mengikuti upacara dari mulai persiapan sampai selesainya upacara. “Sebenarnya anak-anak itu bersemangat ikut serta dengan kegiatan-kegiatan seperti ini.  Karena setiap hari yang dilihat hanya para guru dan pelajaran yang dirasakan mereka monoton,” ujar salah satu guru, Dance Bullu.

Pada akhir amanatnya, Dansatgas menyerukan agar para siswa dapat melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan pancasila di dalam kehidupan sehari-hari. “Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila mari kita jadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Dansatgas.

Di tempat lain yang masih di wilayah Kabupaten Merauke, Satgas Pamtas Yonif 407/PK juga mengadakan upacara Hari Kesaktian Pancasila di sekolah-sekolah yang berada di wilayah Pos Satgas Yonif 407/PK. Upacara sengaja dilaksanakan sekaligus sebagai wujud cinta tanah air yang berideologikan Pancasila dan menanamkan nilai-nilai kejuangan kepada pelajar. “Selain di Kampung Erambu, kami juga melaksanakan upacara di wilayah yang menjadi tanggung jawab Satgas Yonif 407/PK, seperti di Kampung Rawa Biru, Toray, Yanggandur, Tomer dan Kampung Tomerau. Dengan adanya upacara yang dilaksanakan bersama-sama dengan Satgas Yonif 407/PK dapat memberikan motivasi dan menambah wawasan anak sekolah,” tegas Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK Letkol Inf Abi Kusnianto.

Sumber : Kapten Chk Sandro Sagala (Perwira Hukum Satgas Pamtas Yonif 407/PK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *