Peringati Hari HIV/AIDS Sedunia, Dinkes Bulungan Bagikan Pin dan Pamflet

Daerah, Regional1,651 views

Kabarone.com, Bulungan – Dalam rangka memperingati Hari HIV/AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan turun ke jalan membagikan sekitar 2000 buah pin dan pamflet yang berisikan pesan mengenai HIV/AIDS.

Kepala Dinkes Bulungan, Hj. Aryani Arsyad mengatakan, kegiatan pembagian pin serta pamflet ini dimaksudkan agar dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat di Kabupaten Bulungan untuk menjaga diri sehingga hidupnya terhindar dari penyakit mematikan itu, mengingat angka penderita HIV/AIDS di Kabupaten Bulungan terus mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Jangan terpengaruh dengan kehidupan yang salah seperti sex bebas dan lainnya sehingga dia bisa terhindar dari infeksi,” ujar Hj. Aryani Arsyad dikutip Prokal.co, Kamis (1/12).

Aryani menjelaskan pesan yang dibagikan itu berisi agar masyarakat tidak menghindari para penderita, tetapi imbauan agar masyarakat menghindari virusnya yang hingga kini belum ditemukan obatnya.

“Sayangi dia sesama manusia. Virus itu ada karena dia lupa dan dia melakukan sesuatu yang mengundang HIV itu masuk ke tubuhnya,” tuturnya.

Diakuinya, untuk penemuan kasus di Bulungan sejauh ini memang meningkat dari tahun sebelumnya. Jumlahnya di tahun 2015 sekira 29 orang dan tahun ini sebanyak  32 kasus. Dari 32 itu, 27 diantaranya antiretroviral (Arv) atau mendapatkan pengobatan infeksi HIV dan 3 penderita belumdilakukan dengan alasan tertentu. Sedangkan 2 penderita lainnya meninggal dunia.

“Temuan meningkat tetapi yang menjadi Hiv Aids menurun karena konseling yang kita lakukan, puskesmas sudah bekerja luar biasa untuk itu dan Kabupaten Bulungan merupakan nomor 2 paling sedikit kasus Hiv Aids nya di Kalimantan Utara,” pungkasnya. (PK/Mudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *