Dinas Pendidikan Bojonegoro Tahun 2017 Akan Merehab 292 Sekolah Dasar

Daerah, Regional1,058 views

Kabarone.com, Bojonegoro – Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro untuk tahun 2017 akan merehabilitasi bangunan gedung Sekolah Dasar ( SD ) yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Pendidikan Bojonegoro khususnya Bidang TK/SD total seluruh Sekolah Dasar di Bojonegoro sebanyak 737 baik Sekolah Dasar Negeri maupun Sekolah Dasar Swasta.

Ditemui di ruang kerjanya Dinas Pendidikan Bojonegoro ( 13/03 ) Chumaedi selaku Kepala Bidang ( Kabid ) TK/SD mengatakan dari seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Bojonegoro ada 292 Sekolah Dasar yang kondisi bangunannya dalam keadaan rusak. Baik itu rusak sedang maupun rusak berat. Untuk memverifikasi sekolah dalam keadaan rusak pihak Dinas Pendidikan Bojonegoro bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) di Bojonegoro khususnya yang memiliki jurusan bangunan.

Dari total 292 Sekolah Dasar yang rusak. Yang masuk kategori rusak sedang sebanyak 141 sekolah sedangkan kategori rusak berat sebanyak 151 sekolah. Dijelaskan pula oleh Chumaedi untuk pelaksanaan rehabilitasi bangunan sekolah yang masuk kategori rusak sedang semua anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN ) atau yang disebut Dana Alokasi Khusus ( DAK ) tahun 2017 sebesar 1,2 milyar rupiah dan pelaksanaan diserahkan ke pihak Kepala Sekolah beserta Komite atau yang disebut Swakelola dengan di bantu pihak konsultan baik itu konsultan perencana maupun konsultan pengawas. Sedangkan untuk pelaksanaan rehabilitasi sekolah yang masuk kategori rusak berat semua diserahkan ke PU Cipta Karya Kabupaten Bojonegoro.(pur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *