KEPALA CABANG DINAS PENDIDIKAN LAMONGAN SIAP SUKSESKAN UNBK TANPA TERKENDALA

Daerah, Regional1,430 views

Kabarone.com, Lamongan – Usai jenjang SMK, kini giliran ujian nasional berbasis komputer (UNBK) siswa-siswi SMA/MA. UNBK akan berlangsung besok (9/4) dengan diikuti 4.871 peserta. sabtu (7/4) sebanyak 156 lembaga dijadwalkan melakukan sinkronisasi. Kepala Cabang Dinas Provinsi Wilayah Lamongan Puji Hastuti mengatakan, sinkronisasi ini untuk memastikan seluruh data peserta sudah connect dengan pusat. Sehingga, saat pelaksanaan ujian, siswa tidak perlu menunggu.

Menurutnya, proses sinkronisasi dijadwalkan selama tiga hari, karena masing-masing lembaga kemampuan servernya berbeda. “Kadang ada yang bisa langsung connect, ada juga menunggu,” ujarnya.

Puji menjelaskan, selain sarana prasarana (sarpras) komputer dan server, lembaga harus siap dengan genset sebagai antisipasi ketika terjadi listrik padam. Sebab, permasalahan itu bisa muncul meski sudah terjalin kerja sama antara PLN dan Telkom. Pengalaman tahun lalu, ketika terjadi masalah jaringan, lembaga tidak bisa mengandalkan sepenuhnya pihak ketiga.Akibatnya, akan mengolor waktu mengerjakan, terlebih mengubah konsentrasi siswa. “Jadi lembaga harus siap genset, entah sewa atau beli,” tegasnya. Kepala SMAN 1 Lamongan Kiswanto mengatakan, lembaganya sudah siap genset. Dia menyadari posisi lembaganya cukup dekat dengan pusat kota. Sehingga, harus mempersiapkan sejak dini. Karena tidak ingin mengambil risiko.

Kasi SMA/SMK cabang dinas pendidikan lamongan Hartatik menambahkan, tahun ini seluruh lembaga melakukan UNBK. Meski masih ada lembaga yang menumpang. Terkait genset, dia menyerahkan sepenuhnya ke lembaga. Ketika lembaga mampu membeli, bisa digunakan sampai tahun berikutnya. Tapi, kalau tidak bisa lebih baik menyewa. Hartatik menambahkan, pelaksanaan UNBK 100 persen baru tahun ini.Karena lembaga masih terkendala sarpras dan akreditasi. Sebab, penyelenggara UNBK harus lembaga terakreditasi. Sedangkan, sekitar 20 persen lembaga belum mengantongi akreditasi. “Jadi harus menumpang di lembaga lain, tapi pelaksanaannya tetap di lembaga sendiri,” imbuhnya.(pull/ian/pur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *