Penawaran Lelang Terendah, PU Bangka Diuntungkan

Daerah, Regional513 views

Kabarone.com, Babel – Adanya peserta lelang yang menawar paket pekerjaan dengan harga paling rendah dibanding peserta lelang lainnya untuk mengerjakan paket paket proyek yang ditawarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bangka dinilai menguntungkan Negara. Hal itu dikatakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada Kantor PU Bangka, Panca Pujayadi, BE terkait pelelangan sejumlah paket proyek jalan baru baru ini, kepada Kabarone.com diruangannya (24/04).

“Jika mereka menawar dengan harga terendah dan mampu mengerjakan, tentu Negara diuntungkan karena ada sisa anggaran lebih (silpa) yang dapat dipergunakan untuk paket pekerjaan lainnya”, kata Panca.

Menurut Panca jumlah paket yang ditawarkan tidak banyak namun yang berminat cukup banyak. Dalam hal ini karena ada yang sanggup menawar dengan membanting harga begitu rendah, kedepan pihaknya mewanti-wanti untuk melakukan pengawasan ekstra saat pelaksanaan pekerjaan dilapangan. Ini dilakukan semata-mata agar kualitas pekerjaan sesuai dengan teknis yang diharapkan.

“Ini akan menjadi pekerjaan kami untuk mewanti-wanti dengan pengawasan ekstra dalam pelaksanaan dilapangan nanti. Tujuannya agar pekerjan sesuai dengan teknis kami,” katanya.

Dijelaskan Panca, bisa saja satu perusahaan kontraktor dengan beberapa anak usahanya memenangi lebih dari satu paket pekerjaan.Tetapi pihaknya tidak dapat mencampuri penentuan pemenang. Ranah tersebut adalah wewenang pokja LPSE . Pihaknya hanya menerima putusan pokja LPSE saja terkait siapa yang memenangi. Jika LPSE menilai semua persyaratan memenuhi tentu harus diterima. Namun hingga saat ini tidak ada peserta yang kalah mempermasalahkan. Karena dalam aturannya, peserta yang merasa keberatan dapat menggugat dan diberikan masa sanggah.

“Penentuan pemenang adalah kewenangan pokja LPSE. Jika ada peserta merasa dirugikan dapat menggugat karena diberikan masa sanggah. Namun sampai sekarang tidak ada yang menyanggah”, ujar Panca.

Sebelumnya ramai diberitakan ada satu perusahaan kontraktor dengan sejumlah anak usahanya memenangi sampai 5 paket pekerjaan jalan di PU Bangka. (Suhardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *