eSPeKaPe Bagikan Daging Qurban Sumbangan FSPPB Untuk Ketahanan Pangan Pensiunan Pertamina

Daerah444 views

Jakarta, Jakarta,kabarone.com-Ada 6 titik kegiatan aksi Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) untuk memberikan hewan qurban dalam rangka program Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1443 H. Dari ke 6 titik dimana yang 5 titik diberikan kepada pondok pesantren, dan 1 titik disumbangkan kepada para pensiunan Pertamina yang berhimpun dalam Solidaritas Pensiunan Karyawan Pertamina (eSPeKaPe).

Dalam pembagian daging sapi hewan qurban sumbangan FSPPB untuk eSPeKaPe diacarakan pada hari pertama Hari Tasyrik 11 Zulhijjah 1443 H atau 11 Juli 2022, hari Senin, jam 14.00 WIB. bertempat di Markas Yake kantor sekretariat eSPeKaPe di Jl. Raya Jatinegara Timur No. 61-65 Balimester, Jatinegara, Jakarta Timur 13310.

Presiden FSPPB Ir. Arie Gumilar dalam kata sambutan tertulisnya pada kesempatan diacara pembagian daging hewan qurban, ingin menyampaikan amanah dari FSPPB untuk menyerahkan hewan qurban kepada eSPeKaPe.

“Semoga hewan qurban itu dapat memberikan kebaikan dan keberkahan kepada kita semua serta semoga dengan semangat berqurban ini, semakin mendekatkan diri kita kepada Allah SWT sebagaimana Nabi Allah Ibrahim dan Ismail Allaihissalam”, katanya yang dibacakan oleh seorang pengurus eSPeKaPe.

Dalam sekapur sirih Ketua Umum eSPeKaPe Binsar Effendi Hutabarat dan pada kesempatan diacara itu langsung menyampaikan ucapan terimakasih kepada FSPPB yang begitu memperhatikan dan perduli menyumbangkan hewan qurbannya untuk eSPeKaPe. “Terimakasih Pak Arie Gumilar sebagai Presiden FSPPB yang telah menyumbangkan hewan qurban FSPPB kepada pensiunan eSPeKaPe. Semoga tetap semangat untuk berqurban demi mendekatkan diri dengan Tuhan”, ucap Ketua Umum eSPeKaPe Binsar Effendi Hutabarat.

Kemudian Pendiri dan Kahumas eSPeKaPe Teddy Syamsuri menyampaikan “sekedar info jika pada 22 Juni bulan lalu, diterima pesan dari FSPPB terkait adanya rencana FSPPB akan menyumbangkan hewan qurban dalam Hari Raya Idul Adha 10 Juli 2022, dan diminta ajukan budgetnya yang saat itu langsung diberikan ajuannya.

Mengingat penyakit mulut dan kuku (PMK) sedang menyerang hewan sapi yang tercatat sudah puluhan ribu, untuk itu diajukan penyembelihan sapi hewan qurban dikerjakan di rumah pemotongan hewan (RPH) Jl. Jati, Pulogadung, Jakarta Timur. Termasuk untuk memudahkan keluarga pensiunan eSPeKaPe memasaknya, hanya akan diberikan daging sapi hewan qurban murni.

Penyembelihan hewan qurban dilakukan pada saat usai solat Iedul Adha dan setelah proses selesai, baru hari pertama Hari Tasyrik pada hari Senin, 11 Juli 2022 jam 14.00 WIB daging hewan sapi qurban itu dibagikan kepada pensiunan Pertamina keluarga eSPeKaPe, dengan mengharapkan yang datang tetap memperhatikan protokol kesehatan” ucap teddy

Sebelum acara pembagian daging sapi hewan qurban, Ustad Muhammad Rosyid SAg, membacakan do’a yang fokusnya untuk pengurus FSPPB dan jajarannya yang begitu memperhatikan dan memperdulikan adanya kerentanan pangan yang dialami oleh keluarga pensiunan eSPeKaPe. Sehingga adanya sumbangan hewan qurban dari FSPPB sangat membantu kesulitan hidup pensiunan eSPeKaPe.

“Dalam sya’ri diatur ada dua garis dalam hidup ini. Pertama, hubungan vertikal yang disebut hablum minnallah. Dan kedua, hubungan horizontal yang disebut hablum minnanaas.

Pada konteks untuk hablum minnanaas ini telah dijalankan oleh pengurus FSPPB dan jajarannya dengan baik” ucap teddy

Oleh sebab itu ketua umum eSPeKaPe, Binsar Effendi Hutabarat sangat mensyukuri atas adanya sumbangan daging hewan qurban tersebut seraya mengucapkan terimakasih, melalui media do’a semoga pengurus FSPPB dan jajarannya tetap sehat, selamat dan sejahtera selalu ucapnya

Selesai baca do’a, Ketua Umum eSPeKaPe Binsar Effendi Hutabarat didampingi Sekretaris Haji Yasri Pasha Hanafiah membagikan daging hewan qurban dari FSPPB itu dengan urutan pensiunan/keluarga yang wanita, lalu dibagi ke pensiunan lelaki. Setelah selesai acara pembagian daging sapi hewan qurban, dilanjutkan dengan photo bersama. Lebih dulu urutan pensiunan/keluarga wanita dan baru lelakinya, bersama Ketua Umum eSPeKaPe Binsar Effendi Hutabarat dan Sekretaris Haji Yasri Pasha Hanafiah.

“Sekitar lebih dari 30 orang pensiunan Pertamina eSPeKaPe yang datang untuk ambil sumbangan daging sapi hewan qurban dari FSPPB. Selebihnya akan dititipkan kepada yang hadir untuk saudara pensiunan yang lain” ucap teddy selaku kahumas espekape.(***).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *