by

Komitmen Lestarikan Lingkungan, PT KIW Resmikan WTP Tirta Wijayakusuma

-Daerah, Regional-1,322 views

Kabarone.com, SEMARANG – Dalam rangka ikut menjaga kelestarian lingkungan sesuai yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah No 142 Tahun 2015 tentang Kawasan Industri, PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) sebagai salah satu pengelola kawasan industri menunjukkan sebagai pelopor pemenuhan kebutuhan air dengan menghentikan pengambilan air bawah tanah dan beralih ke penggunaan air permukaan untuk memenuhi kebutuhan air bagi industri.

Hal ini dibuktikan dengan pembangunan Water Treatment Plant (WTP) Tirta Wijayakusuma bekerjasama dengan PT Dain Celicani. Citra Cemerlang tahun 2015 diatas lahan seluas 1,4 Ha dengan nilai investasi sebesar Rp 32,9 milliar.

” Alhamdulilah sore ini kita meresmikan WTP Tirta Wijayakusuma dengan bekerjasama PT DAIN, insya Allah kita melayan investor dan tenant diseluruh kawasan,” kata Rachmadi Nugroho President Director PT Kawasan Indusri Wijayakusuma (KIW) usai meresmikan produksi air bersih di komplek WTP tersebut, Rabu (23/5/2018).

Menurutnya WTP ini kedepan tidak hanya difungsikan melayani yang ada didalam kawasan akan tetapi melayani lebih dari kapasitas lebih yakni diluar wilayah kawasan KIW.

Diharapkan langkah KIW tersebut bisa menjadi prototype bagi WTP yang lain dan para investor, tenant bisa mengikuti regulasi kita peduli lingkungan (konservasi ) alam.

” Mudah mudahan KIW bisa melayani lebih baik , karena ini komimen kita dengan tidak meninggalkan bisnis.Meskipun ini adalah pengorbanan karena secara pendapatan kita berkurang namun yang terpenting bagi kita adalah kedepannya dengan mengingat kepentingan yang kebih besar,” jelas Rachmadi.

Bahkan ia menyebutkan dalam wakru dekat usaha pengelolaan air bersih yang dikelolanya akan membentuk anak cabang guna pengembangan usaha di beberaoa wilayah Jawa Tengah lainnya.

Sementara Board of Commissioner PT KIW Ihwan Sudrajat mengatakan penyediaan air bersih oleh KIW merupakan salah satu bentuk wujud dukungan kepada pemerintah provinsi Jawa Tengah.” Kita akan kembangkan terus ke kawasan terpadu baik industri, perumahan dan yang lainnya agar mereka mengambil airnya dari kita.,” ucapnya.

Hadir pada acara peresmian itu selain Presiden Directur dan Komisaris Utama KIW juga Directur of Operations Ahmad Fauzi Nur, Directur of Finance Slamet Wahyu Hidayat dan David Suryabara selaku Direktur PT DAIN serta Anton Santosa sebagai Komisaris Utama.

Tak ketinggalan para tamu undangan diantaranya Staf Ahli Gubernur Bidang Pengembangan Energ Jatengi Teguh Winarno, para pemegang saham, tenant , pengusaha dan pejabat lingkungan Pemprov maupun Pemkot Semarang juga masyarakat.

Diketahui WTP Tirta Wijayakusuma mengolah air baku dari sumber air sungai Banjir Kanal Barat,lalu dialirkan melalui pipa sepanjang 10 km menuju pond yang dibangun di dalam KIW kemudian diolah dengan teknologi canggih sehingga menghasilkan air bersih yang siap pasokannya untuk dialirkan selama 24 Jam.

Dengan adanya WTP Tirta Wijayakusuma akan memberikan kepuasan dan kenyamanan dalam pelayanan kepada para tenant di KIW yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas. (Amr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *