Warga Kebonharjo Sambut Baik Diadakannya Pusat Kesehatan Masjid

Daerah, Regional532 views

Kabarone.com, SEMARANG – PT Kalimantan Jawa Gas, LAZ Nurul Barqi PT Indonesia Power bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah kembali menyelenggarakan kegiatan Layanan Kesehatan Keliling di Masjid Jami’ Al Mi’raj, Kelurahan Tanjungmas, Semarang Utara, Rabu (25/07).

Kegiatan yang terselenggara berkat sinergi antara PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang, PT Kalimantan Jawa Gas, dan IZI Jateng ini adalah yang ke tiga kalinya di tahun 2018 setelah sebelumnya menyelenggarakan pengobatan gratis di Kelurahan Bandarharjo dan Kemijen. Kegiatan ini juga sekaligus melauncing program Pusat Kesehatan Masjid yang akan diselenggarakan setiap bulan.

Bertindak sebagai tim medis, tim pengabdian dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, berhasil melayani 206 pasien dan memberikan penanganan preventif terhadap 100 balita.
Layanan pengobatan gratis diawali dengan serangkaian acara seremonial yang dihadiri oleh segenap tokoh masyarakat, Margo Haryadi (Lurah Kelurahan Tanjungmas), Sulistyono (Komandan Rayon Militer 03 Semarang), Made Sapra D. (Kepala Kepolisian Sektor Semarang Utara), dan H. Bukhori selaku Ketua Takmir Masjid Al Mi’raj).

Margo Haryadi menyambut baik kegiatan yang bertujuan untuk memakmurkan masjid ini. “Mewakili masyarakat Tanjungmas, saya berterima kasih kepada PT Indonesia Power, PT Kalimantan Jawa Gas, dan segenap lembaga yang telah peduli terhadap kesehatan di Kelurahan Tanjungmas.” ujarnya.

Sementara itu, Herry Satria Ahmad perwakilan dari PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari usaha PT Indonesia Power dan PT Kalimantan Jawa Gas untuk lebih dekat dengan masyarakat sekitar. “Kami berharap kehadiran dari PT Indonesia Power dapat diterima dengan baik, terlebih karena listrik adalah kebutuhan bersama.” Tambahnya.

Hadir di sela-sela acara perwakilan dari PT Kalimantan Jawa Gas, Imam Supriyadi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu terselenggaranya kegiatan pengobatan ini. “Program ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat. Semoga program ini bermanfaat untuk masyarakat khususnya untuk warga Tanjungmas.”

Kelurahan Tanjungmas sendiri merupakan wilayah padat penduduk yang secara wilayah terletak sangat dekat dengan PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang. Mereka umumnya bekerja sebagai buruh di pelabuhan dan di pabrik.

Sementara itu, penyakit yang sering dikeluhkan adalah hipertensi, infeksi saluran pernafasan, dan penyakit kulit. “Layanan Kesehatan ini memang sengaja dihadirkan di masjid untuk mengembalikan fungsi masjid sebagai sentral umat. Kami memulainya dari kesehatan” pungkas Djoko Adhi, Kepala Kantor IZI Perwakilan Jawa Tengah.

Acara seremonial diakhiri dengan foto bersama yang memperlihatkan kekompakan tokoh masyarakat untuk memberdayakan masyarakat di Kelurahan Tanjungmas.

Sri Wigati (78), salah seorang warga Tanjungmas mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap semua pihak yang telah mengadakan program pengobatan gratis. “Terima kasih kepada KJG dan IP atas pengobatan gratis ini, semoga semua pegawai KJG dan IP diberi kesehatan, lancar urusannya.”

Senada dengan Sri Wigati, Yuli ibu dari Langit juga berterima kasih sudah disediakan makanan tambahan untuk putranya. Pemberian Makanan Tambahan yang berisi puding, telur, biskuit, susu, dan buah disediakan untuk 100 balita sebagai upaya preventif untuk pencegahan gizi buruk. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *