Peringati HPSN, Polres Lamongan Bersih-Bersih Sampah Pantai Kutang

Daerah, Regional448 views

Kabarone.com,Lamongan – Jajaran Kepolisian Resor Lamongan kembali melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Kutang tepatnya di Dusun Kentong Desa Labuhan Kecamatan Brondong Lamongan yang sebelumnya bersih-bersih sampah juga di lakukan tepatnya di area Pasar Sidoharjo Lamongan Jawa Timur.

Aksi kegiatan tersebut adalah dalam rangka untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019.
Tidak kurang ratusan pasukan ditetjunkan untuk membersihkan pantai kutang yang saat ini menjadi tempat berlibur para wisatawan baik dari daerah sendiri maupun daerah lain.

Kapolres AKBP Feby DP Hutagalung menyampaikan”, Gerakan kegiatan aksi peduli sampah ini dengan bersih-bersih sampah di sepanjang lokasi wisata Pantai Kutang, yang sebelum acara dimulai diawali dengan memberikan santunan paket sembako ke anak yatim piatu dan fakir miskin. Ada sekitar 400 paket yang dibagikan tiada lain bertujuan untuk meringankan beban terhadap warga miskin dan anak yatim piatu di wilayah kecamatan Brondong dan sekitarnya. Jum’at (22/02/2019).

” Jangan dinilai apa yang kami berikan, akan tetapi kepedulian kami memberikan ini sebagai rasa sayang sebagai empati
jajaran Polres Lamongan untuk berbagi kepada masyarakat dan bantuan paket sembako ini semoga nantinya bisa bermanfaat”, ujarnya.

Usai memberikan sembako, kegiatan pagi itu dilanjut dengan membersihkan sampah di sepanjang pantai Kutang.
Kapolres langsung yang memimpin kegiatan tersebut, membersihkan sampah bersama ratusan personil polisi, TNI, nelayan dan masyarakat sekitar serta terlibat juga para ibu-ibu Bhayangkari.” Jarak tempuh saat melakukan kegiatan pembersihan sampah hampir kurang lebih dua kilo meter kawasan pesisir pantai yang kita bersihkan.

Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan merupakan jenis sampah plastik dan pakaian bekas. Sampah-sampah tersebut dimungkinkan merupakan sampah kiriman yang ikut hanyut dibawah oleh derasnya ombak di pantai utara. Selanjutnya sampah-sampah yang sudah terkumpul diangkut dan di buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) terdekat.

Lebih lanjut Kapolres Feby, ” Usai memungut sampah di lokasi pantai Kutang menerangkan, kalau kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tersebut, merupakan wujud dari kepedulian Polres Lamongan dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Karena aksi kegiatan ini merupakan faktor demi berlangsungnya kehidupan masyarakat yang sehat, dan membiasakan memungut sampah guna menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat. ” Semoga nantinya bisa menginspirasi dan mengugah kembali kesadaran masyarakat, untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, dengan tetap menjaga kebersihan lingkungan serta menjaga pantai Kutang untuk selalu tetap bersih dan nyaman ,” terang Kapolres dengan penuh harapan.

Selesai membersihkan sampah, seluruh peserta melaksanakan senam sehat bersama ratusan personil polisi, TNI, nelayan dan masyarakat sekitar serta para ibu-ibu Bhayangkari dan setelah itu dilanjutkan sarapan pagi bersama-bersama masyarakat setempat”, pungkasnya (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *