by

TMMD Ke- 104, TNI dan Warga Kompak Bangun Infrastruktur Perdesaan

Kabarone.com,Lamongan -Kebersamaan TNI dengan rakyat sangat terasa dalam Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 104 Kodim 0812 Lamongan yang di laksanakan di Desa Kelorarum, Kecamatan Tikung, Kabupaten Lamongan. TNI dan masyarakat setempat nampak terlihat kompak dalam membangun berbagai sarana fisik di di desa Kelorarum.

Pasiter sekaligus Perwira Pelaksana TMMD Reguler ke- 104 Kodim 0812 Lamongan, Lettu. Inf. Sobar Atnanto mengungkapkan, “Kegiatan ini dilaksanakan selama 30 hari diantaranya dalam rangka membantu meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah. “Selain itu juga untuk mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh serta memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” ungkap Lettu. Inf. Sobar Atnanto pada Kamis (28/02/2019).

Sasaran Fisik pokok dalam TMMD di antaranya pembangunan infrastuktur jalan berupa Rabat beton Poros Desa,Rabat Beton depan Pasar, pembangunan Pasar Desa, Selain itu juga terdapat sasaran fisik tambahan, yakni Pembangunan Lapangan Volly, Bedah Rumah RTLH 25 Unit Rehap Mushola,Rehap TPQ. “Selain sasaran fisik, dalam kegiatan TMMD ke-104 Kodim 0812 Lamongan juga menyasar sasaran non fisik, antara lain penyuluhan ,Wawasan Kebangsaan, Sosialisasi.

Dalam pembukaan TMMD tempo lalu juga disampaikan oleh Bupati Lamongan Fadeli”, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta pemerintah pusat dan daerah melalui TMMD, menjadi kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, serta menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai permasalahan masyarakat. “Melalui TMMD, mari gelorakan lagi semangat kolektivitas serta persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat yang ada,” ujar Bupati Lamongan.

TMMD diharapkan dapat memperlancar arus lalu lintas perekonomian, meningkatkan kesejahteran masyarakat, meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta kamtibmas. Selain itu juga meningkatkan kebersihan lingkungan, meningkatkan dan melestarikan budaya gotong-royong serta kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Sementara itu, dukungan terhadap kegiatan TMMD juga ditunjukkan kepada kalangan ibu-ibu di Desa. Mereka kompak menyiapkan hidangan makan selama kegiatan berlangsung. Bahkan mereka juga tak segan membantu kegiatan di lokasi pengerjaan fisik yang cukup menguras tenaga, seperti halnya pengurukan jalan, pemadatan, dan penataan batu yang sudah berlangsung sejak Pra TMMD. “Luar biasa juga semangat ibu-ibu Warga Desa Kelorarum, saya sangat berterima kasih,”Tambahaya.

Kepala Desa (Kades) Kelorarum juga mengatakan, sejak awal pihaknya gigih menyosialisasikan pembangunan yang dilakukan TNI di desanya, agar didukung oleh swadya dari warga. Pembangunan jalan poros desa yang sedang dikerjakan dalam TMMD ke-104, sebenarnya sudah lama diinginkan oleh warga”, tandas Kades Kelolarum (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *