Bukber Bareng Wartawan, Begini Pesan Kapolda dan Pangdam

Daerah, Regional521 views

Kabarone.com, Semarang – Kapolda Jateng, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Efendi menggelar buka bersama (Bukber) insan media Kota Semarang dan sekitarnya di Masjid Al-Firdaus Komplek Makodam IV/Diponegoro, Rabu (29/5/2019).

Dalam sambutannya, Pangdam selaku pihak yang berketempatan menyampaikan bahwa, acara sederhana dengan memanfaatkan halaman masjid dan pemandangan nan asri Gunung Ungaran ini dimaksudkan untuk menjalin tali silahturahmi dan bertukar pikiran antara Kodam, Polda dan insan media dalam rangka mewujudkan situasi dan kondisi Jateng yang damai, aman dan kondusif.

” Selain itu, dengan momentum seperti ini dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan serta persaudaraan untuk membangun sinergitas dan kerjasama antara Kodam IV/Diponegoro, Polda Jateng dengan insan media agar tercipta iklim komunikasi dan informasi yang sehat, kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro itu juga mengucapkan terimakasih kepada Polda Jateng dan insan media atas kerjasamanya selama ini.

“Saya percaya, bahwa dengan terwujudnya kebersamaan dan kesatu paduan antara TNI – Polri serta para insan media, akan terwujud sebuah kekuatan besar yang dapat menciptakan iklim kondusif di wilayah Jawa Tengah,” ungkapnya.

Disoal tentang pengamanan arus mudik lebaran, Pangdam menegaskan bahwa, Kodam IV/Diponegoro siap membantu Polda dalam pengamanan lebaran Idul Fitri 2019. Kodam telah menempatkan personelnya di posko-posko terpadu untuk membantu kelancaran dan keamanan jalur mudik. Satuan kewilayahan juga telah menyiapkan tempat istirahat (rest area).

“Faktor utama terjadinya kecelakaan karena faktor kelelahan, selain kelalaian dan ketidak hati-hatian. Bila ngantuk atau capek silahkan beristirahat sejenak di kantor-kantor Koramil, Kodim, juga kantor Polsek dan Pos Pelayanan Terpadu yang tersedia di sepanjang jalur mudik,” tegasnya.

Usai sholat tarawih, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel kepada awak media menyampaikan bahwa, Operasi Ketupat Candi 2019, bertujuan untuk menjamin keamanan, mewujudkan keselamatan, kenyamanan para pemudik dan kelancaran arus mudik.

“Ini bukan saja untuk kelancaran para pemudik, tapi juga menjamin keamanan masyarakat di jalan, di pasar-pasar, di tempat keramaian, airport, stasiun kreta api dan tempat-tempat wisata,” ujar Kapolda.

Dirinya juga mengingatkan, bagi masyarakat yang ingin mudik meninggalkan rumah, untuk memberitahu ketua RT/RW, agar bisa diteruskan kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk pengamanan di wilayah.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan pemberian cendera mata oleh Pandam IV/Diponegoro kepada Ketua PWI Jateng, dan oleh Kapolda kepada perwakilan wartawan.

Acara buka bersama dihadiri oleh Kasdam IV/Diponegoro, Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa, Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Ahmad Luthfi, Ketua PWI, IJTI, AJI, IWO, Kepala LPP TVRI dan RRI, para Pejabat Utama Kodam dan Polda, para Pemimpin Redaksi, Kepala Biro, Wartawan Unit Kodam dan Polda serta Ibu Persit dan Bhayangkari. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *