by

Tekan Penggunaan Obat Kimia, Puskemas Buka Layanan Kesehatan Tradisional Akrupressure

-Daerah, Regional-486 views

Kabarone.com,Lamongan – Puskesmas di Lamongan rupanya punya fasilitas pelayanan kesehatan tradisional. Fasilitas ini sudah dibuka sejak 2018 lalu di seluruh 33 Puskesmas. Pelayanan ini dilakukan oleh fasilitator atau tenaga yang dilatih asuhan mandiri (asman) di 33 Puskesmas. Hal itu seperti disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat melalui Kabag Humas dan Protokol Agus Hendrawan.

Pelayanan kesehatan tradisional ini menurutnya dilaksanakan guna menekan penggunaan obat kimia pada gejala atau penyakit ringan.

Diungkapkan oleh Agus Hendrawan”, bahwa pada akhir bulan Juni ini akan dilaksanakan Festival Asman yang akan menampilkan hasil produk tanaman obat keluarga (Toga), pelayanan kesehatan tradisional dan senam akrupressure.

Lebih lanjut dijelaskan olehnya, bentuk pelayanan kesehatan tradisional tersebut meliputi akrupressure dan penyehat tradisional (hatra).

” Akrupressure adalah pemijatan pada titik-titik tertentu untuk meredakan nyeri. Akrupressure sendiri terdapat dua macam yakni akrupressure mandiri dan akrupressure klinis. Untuk akrupressure mandiri bisa dilakukan oleh asman di tiap puskesmas atau penderita sendiri yang sudah terlatih.

“Sedangkan akrupressure klinis harus dilakukan oleh tenaga kesehatan. Dan untuk hatra meliputi bekam, toga, pijat tradisional dan lain-lain,” ungkapnya.

Para asman di tiap puskesmas selain memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga melakukan pelatihan akrupressure mandiri kepada masyarakat tanpa dipungut biaya”, pungkasnya (*).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *