by

Bentuk Rasa Syukur, Nelayan Tambaksari Gelar Sedekah Laut

Kabarone.com, SEMARANG – Warga Tambaksari Kelurahan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu Semarang Jawa Tengah, menggelar tradisi sedekah laut nelayan, Kamis (26/09/2019). Sedekah laut adalah ritual yang digelar setiap tahun pada bulan Sura (Kalender Jawa).

Acara dimulai sejak pukul 07.00 pagi di pinggir pantai wilayah desa tersebut berupa melarung beberapa jajanan dan uborampe lainnya dengan diikuti 20 perahu, dimana masing masing perahu terdiri dari 7 sampai dengan 10 orang nelayan.

Sebagian besar warga tumpah ruah di sepanjang jalur yang dilalui arak-arakan sedekah laut hingga sampai dipinggir pantai.

“Alhamdulilah acara sedekah laut berjalan lancar, dan dihadiri pula oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perikanan, Bapak Camat,Kapolsek, Danramil dan khususnya masyarakat Tambaksari,” ujar Sugiman, Lurah Mangkang Wetan usai acara.

Ia mengatakan, tradisi sedekah laut harus tetap berjalan.” Kegiatan sedekah laut yang rutin digelar setiap satu tahun ini harus tetap berjalan dan kita lestarikan, hal ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan Rizki NYA,” paparnya.

Sugiman menuturkan, meski di musim kemarau tahun ini kondisi air dipantai debitnya menurun, sedimen meninggi sehingga sedikit menjadi kendala bagi para nelayan di wilayahnya saat berangkat dan pulang melaut, kendati demikian permasalahan itu bisa teratasi berkat suport maupun dukungan dari pemerintah kota Semarang melalui Dinas Perikanan dan Dinas Pariwisata.

“Terima kasih atas dukungan dari Pemkot Semarang, Terima kasih, kita dan para nelayan di sini juga sudah dibantu sahabat kita Bapak Pilus (Kadarusman) selaku Ketua DPRD kota Semarang, dengan dilakukannya pengerukan selama beberapa bulan akhirnya memperlancar nelayan disini disaat mereka berangkat dan pulang saat melaut sehingga hasil tangkapannya bisa meningkat ,” bebernya.

Sugiman berharap dengan diadakannya sedekah laut sebagai bentuk ungkapan syukur warga, semoga hasil tangkapan nelayan semakin meningkat, warga sejahtera serta lingkungan pantai dan ekosistem tetap terjaga. (Amr)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *