by

Wakil Bupati, Ikut Memantau Langsung penyaluran Air bersih BPBD Pemerintah Kabupaten Lamongan.

-Daerah, Regional-475 views

Kabarone.com, Lamongan – BPBD Pemerintah Kabupaten Lamongan melalui kembali menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat yang wilayahnya kekurangan air bersih. Sebanyak dua belas ribu liter air bersih yang diangkut dengan dua truk tanki air dibagikan langsung kepada ratusan warga, di Dusun Semperat Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng, Kamis (10/10/2019) siang.

Bantuan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Lamongan, Hj. Kartika Hidayati. Menurutnya Dusun Semperat merupakan salah satu dusun yang mengalami kekurangan air bersih. Hal itu karena dampak musim kemarau panjang tahun ini dan kondisi geografis dusun setempat. Ditegaskan, bantuan air bersih akan terus diberikan sepanjang warga masih membutuhkan.

Pemkab Lamongan menyediakan ribuan liter air untuk mengatasi kekeringan pada musim kemarau tahun ini. Wilayah yang paling besar terdapat pada bagian selatan diantaranya Kecamatan Sambeng, Kedungpring, Modo, Bluluk, Sukorame, Mantup, Kembangbahu, Sarirejo dan Tikung. Bahkan daerah-daerah yang dekat dengan aliran Bengawan Solo pun mulai kekurangan air seiring surutnya air di sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut.

“Saya berharap musim kemarau tahun ini segera bisa berakhir dan segera turun hujan, namun kembali lagi karena kondisi iklim dan cuaca tertentu hal itu tidak bisa kita hindari. Oleh karena itu kita Pemerintah Kabupaten sudah melaksanakan tindakan melalui BPBD sebagai salah satu solusinya dengan memberikan bantuan air bersih kepada warga,” kata Kartika.

Wakil bupati saat itu membagikan secara langsung air bersih, di dampingi Kasun semperat saat itu Kartika juga sempat berdialog dengan warga setempat untuk mendengarkan keluhan dan permasalahan yang dihadapi warga selama ini. masyarakat Kabupaten Lamongan khususnya di wilayah Dusun Semperat Desa Sumberwudi untuk lebih bersabar dan dapat bersama-sama melalui masa sulit ini dengan baik.

“Ibu-ibu dan bapak-bapak tidak perlu khawatir, pemerintah daerah akan selalu hadir untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Kabupaten Lamongan,” tutur kartika.

Sementara itu menurut Kepala Dusun Semperat, Matojid mengakui pihaknya cukup kewalahan mengatasi kekurangan air bersih di wilayahnya. Selama ini Dusun Semperat mendapatkan pasokan air bersih dari Bengawan Solo yang disedot dan dialirkan melalui pipa yang berjarak hampir satu kilometer jauhnya. Sehingga ketika pasokan air dari Bengawan Solo berkurang maka air yang masuk ke wilayah Dusun Semperat pun berhenti. Selain itu, satu bulan terakhir ini air Bengawan Solo memiliki bau yang tidak enak karena alirannya berhenti.(F2/Ian/Pul/Pur)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *