Seni Jaranan Peninggalan Budaya Bangsa Hampir Puna, Satgas TMMD Menggerakkan Kembali

Hankam483 views

Kabarone.com,Malang – Saat para Satgas usai melaksanakan aktifitas kegiatan pembangunan di Desa Kedungsalam Kecamatan Donomulyo. Kini giliran para Satgas TMMD yang berbaur dengan warga pada gelapnya malam menikmati hiburan seni jaranan, ini bagian ikut meramaikan suasana. Disamping itu, seni jaranan di mana kegiatan ini adalah salah satu bagian dari melestarikan budaya banhsa. Selasa (22/10/19).

Pada kesempatan kali ini Danramil 0818/ 11 Donomulyo Kapten. Inf. Suwarno Satgas TMMD Reguler Ke- 106 Kodim 0818/Malang-Batu, mengajak pemuda pemudi Kedungsalam untuk meramaikannya dengan tujuan agar pemuda dan pemudi tertarik dengan peninggalan seni budaya para leluhur yang sudah susah payah menciptkannya seni jafanan ini. Tidak bisa di pungkiri budaya budaya yang kita miliki seperti tergerus oleh jaman. Saat ini dengan adanya program TMMD bersama satgas kembali menghidupkan seni jaranan. Selain itu bisa kita lihat para pesonil pelaku seni jaranan yang kebanyakan orang yang sudah tua. Kalau ini di biarkan, bisa-bisa hilang muanah karenabtertelan oleh jaman.

Disamping para Satgas TMMD berupaya maksimal membangun dari segi fisik, para satgas juga ikut andil dalam pembangunan non fisik di wilayah Desa Kedungsalam Donomulyo termasuk menghidupkan kembali seni budaya jaranan sebagai warisan budaya bangsa kita yakni Indonesi”, tandasnya (Pendim 0812/pul).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *