Seminar dan Call Of Apers, Pustakawan Dituntut Adaptif

Daerah304 views

SEMARANG,kabarone.com- Model kepemimpinan yang mampu merangkai berbagai situasi melalui berbagai variabel dan resources merupakan faktor penting agar tetap dapat melakukan pengembangan kapasitas dalam ranah pendidikan

Demikian seperti disampaikan Wakil rektor bidang akademik Prof Zaenuri SE MSi Akt pada Seminar dan Call Of Apers yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Rumah Ilmu Universitas Negeri Semarang (Unnes) berkolaborasi dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia Jawa Tengah (FPPTI Jateng), Selasa (22/9/2020).

Selain itu Prof Zaenuri menyampaikan di tengah pandemi Covid-19, pustakawan harus cepat merespon perubahan, dinamis, dan adaptif untuk mengoptimalkan peran civitas akademika.

“Pohon merupakan simbol kepemimpinan Bertumbuh, karena memiliki daya adaptif untuk bertahan hidup, merespon perubahan, dan semua unsur dalam pohon berjalin memberikan manfaat,” tuturnya.

Dr Wiji Suwarno SIP MHum, Kepala Perpustakaan IAIN Salatgia sekaligus Ketua FPPTI Jateng menyampaikan pustakawan tidak perlu bingung untuk melakukan pekerjaanya, justru di tengah pandemi Covid-19 pustakawan dituntut memiliki trobosan dan lompatan-lompatan untuk tetap melakukan layanan.

“Selain menerpakan protokol kesehatan yang ketat, penggunaan teknologi informasi dengan cara mengembangkan sistem perpustakaan, layanan digital librari, dan pemanfaat media merupakan kompetensi yang harus dimiliki pustakawan untuk sekarang ini,” ujar Wiji dalam Seminar bertemakan “Leadership dan Librarian’s Style” ini.

Sementara Dosen Pascasarjana UGM, Ida Fajar Priyanto MA PhD menuturkan sebagai pustakawan harus memiliki jiwa kepemimpinan.

” Setiap orang memiliki potensi menjadi pemimpin. Namun tidak setiap orang berhasil mengembangkan potensinya. Kepemimpinan yang berhasil adalah yang terus bertumbuh,” kata Ida. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *