Peringati Bulan K3 Tahun 2021, Sebuku Group Gelar Apel Upacara Bendera

Daerah1,007 views

KOTABARU,kabarone.com- Jadikan karyawan profesional, Sebuku Coal Group gelar apel upacara bendera guna meningkatkan keamanan dalam penerapan keselamatan dan kesehatan kerja di bulan Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) Nasional Tahun 2021, bertempat di kawasan kantor Sebuku Coal Group Desa Selaru Kecamatan Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru, Selasa 12/1/2020.

Sebelum kegiatan di laksanakan semua peserta wajib melakukan prosedur standar dalam adaptasi kebiasaan baru, seperti mengecek suhu tubuh, mencuci tangan dengan sabun, dan memakai masker.

Kegiatan diisi apel Bulan K3 nasional bertema “penguatan sumber daya manusia yang unggul dan berbudaya K3 pada semua sektor usaha”.

Apel K3 Nasional Tahun 2021 digelar dalam rangka meningkatkan kesadaran pentingnya K3 serta pengawasan dalam berkerja.

Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. STC Sulhaji Wijaya melalui wakil KTT E.Herberth Sitinjak mengatakan, perlu di ketahui kegiatan memperingati bulan K3 ini adalah yang pertama kalinya di adakan di Site Sebuku Coal Group, karena ini adalah tahun kedua melakukan kegiatan pertambangan di Site Pulau Laut dan juga kegiatan pelaksanaan bulan K3 ini di mulai dari tanggal 12 Januari 2021 sampai dengan 12 Pebruari 2021, ucapnya.

Kata Herberth, Peringatan bulan K3 tahun 2021 ini merupakan tahun ke- 37 sejak tahun 1984 sampai dengan tahun 2021 ini bagi bangsa Indonesia untuk berjuang, berperan aktif, dan bekerja secara kolektif dalam mencapai visi K3 nasional, yaitu Indonesia berbudaya K3.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan peringatan bulan K3 nasional tahun 2021 ini adalah untuk meningkatkan kinerja dan peran aktif serta memupuk kesadaran seluruh karyawan akan pentingnya keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan, sehingga target Zero Fatality, Zero Accident perusahaan dapat terwujud, ucapnya.

Dan di samping itu juga pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menjaga ke kompakan dan mempererat hubungan tali silaturahmi di antara karyawan Sebuku Coal Group dan mitra kerja yang berada di bawah naungan Sebuku Coal Group.

Di tambahkan Kepala Teknik Tambang SBC Wasron Nainggolan Mengatakan, untuk PT SBC saat ini masih konsentrasi di bidang pengolahan, jadi di segi karyawan tetap semangat hanya saja tetap menjaga kesehatan karena kita utamakan kesehatan kemudian keselamatan di tengah pandemi Covid-19.

Di tambah adanya kontraktor yang melakukan pekerjaan, PT SBC tetap melaksanakan dengan memproteksi karyawan yang baru datang dan harus di lakukan cek kesehatan terlebih dulu sebelum bergabung dengan tim.

Beberapa pandangan dan penekanan HSE Dept (Safety) terhadap peningkatan Safety, selalu memberikan pembekalan terhadap karyawan untuk tetap prioritas utama kesehatan, ketika karyawan menjaga kesehatan dan keselamatan otomatis produktivitasnya juga akan meningkat dan di samping itu tetap mengadakan tentang pembekalan training K3 yang di bantu dari teman- teman Depertemen HSE agar teman-teman membudayakan yang namanya K3, paparnya.

Human Relation Sebuku Coal Group Bagus Umbara mengatakan, sesuai dengan pandangan dari KTT/WKTT dan Safety yaitu lebih kepada optimalisasi kemandirian K3 itu di setiap wilayah perusahaan sangat bagus untuk di tingkatkan namun pada prinsipnya semua ini selalu berproses ada beberapa tahapan- tahapan yang harus di persiapkan oleh perusahaan, baik itu kontraktor maupun sub kontraktor, pada prinsipnya bulan K3 ini adalah momen yang baik untuk meningkatkan kualitas kinerja dalam meningkatkan produksi, ungkapnya.

Kata Bagus, untuk Support dan dukungan di tengah pandemi Covid-19, Depertemen Human Relation pada prinsipnya adalah melakukan sebuah pemberitahuan dimana setiap Man Power itu juga di berikan pandangan terkait bagaimana pentingnya bulan K3 ini untuk bisa dilakukan dengan standar Pemerintah yang sudah baku terkait tentang keselamatan kerja.

Sementara Sujito Head Depertemen Safety mengatakan, kami dari Depertemen HSE mengucapkan banyak terima kasih kepada manajemen Sebuku Coal Group yang telah mensport dalam kegiatan pelaksanaan bulan K3 di tahun 2021 ini, dan langkah- langkah yang di siapkan bahwa tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Selain itu kami juga mengadakan kegiatan- kegiatan untuk peningkatan sumberdaya manusia yang unggul dan berbudaya K3 di semua sektor usaha yang dilaksanakan sesuai dengan tema bulan K3 tahun 2021.

Di tambah juga ada reward untuk semua karyawan serta reward untuk pencapaian dua juta jam kerja tanpa lost time di tahun 2020, tutupnya.(Hrp),

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *