Buat Petani Mandiri, Arutmin Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Organik

Daerah380 views

KOTABARU,kabarone.com- Berupaya menyelaraskan kegiatan dengan program pemerintah dalam menggalakan pertanian organik, PT Arutmin Indonesia NPLCT melakukan pelatihan pembuatan pupuk kompos dan pupuk organik cair bersama warga Desa binaan, Selasa 29/3/2021.

Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan Desa Sarang Tiung, Desa Gedambaan, Desa Tirawan, Desa Hilir Muara, Desa Batuah, Desa Semayap dan Kelurahan Kotabaru Hilir.

Melalui pelatihan ini petani bisa mandiri membuat pupuk organik guna mendukung program pertanian organik yang dicanangkan Kementerian Pertanian, jelas Yogi Swara Putra Mendra, S.T, supervisor CDEA Arutmin NPLCT.

Kata Yogi, Pelatihan pembuatan pupuk kompos dan pupuk organik cair ini untuk pengembangan pertanian, salah satu kendala saat ini tingginya biaya operasional pembelian pupuk.

Untuk mensiasati hal itu, Arutmin berinisiatif melakukan pelatihan pembuatan pupuk organik, dimana bahan bakunya sangat mudah di dapat dan tersedia dilingkungan sekitar, terutama yang berasal dari kotoran dan urine ternak, ungkapnya.

Tambah Yogi, Pengoptimalan pembuatan pupuk kompos padat dan pupuk organik cair akan memberikan manfaat dan pendapatan lebih bagi para petani, jadi dengan adanya integrasi yang baik antara usaha pertanian dan peternakan sehingga dapat dipastikan akan menumbuhkan iklim pertumbuhan ekonomi yang baik pula.

Terlebih dengan meningkatnya hobi tanaman hias juga akan menjadi penggerak pertumbuhan pupuk organik, yang tentunya akan memberikan dampak yang baik terhadap UMKM atau industri rumah tangga yang bergerak di bidang pembuatan pupuk, tutupnya.(HRB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *