FKKS Kotabaru Resmi Dibentuk, Rakhmawaty; Diharapkan Adanya Sinergitas Antara FKKS Dengan SOPD Terkait

Daerah57 views

KOTABARU,kabarOne.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru membentuk Forum Kabupaten/Kota Sehat (FKKS) untuk mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh masyarakat.

Bappeda Kabupaten Kotabaru melaksanakan rapat pembentukan Forum Kabupaten/Kota Sehat, Jumat 7/72023 di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kotabaru.

Forum Kabupaten/Kota Sehat adalah wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasi, dan berpatisipasi turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayah yang mengintegrasikan berbagai aspek.

Pada pertemuan itu, disepakati terbentuknya kepengurusan Forum Kabupaten/Kota Sehat dengan anggota terdiri perwakilan masyarakat, tokoh masyarakat, organisasi lingkungan, LSM, KNPI, PMI, perwakilan pemuda dan mahasiswa.

Kepala Bidang (Kabid) Sosbudpem Rakhmawaty, SKM,. MM mengatakan, tujuan utama adanya Forum Kabupaten/Kota Sehat yakni, agar Kabupaten Kotabaru bisa nyaman, sehat, aman, bersih dan kelihatan rapi, sehingga masyarakat lebih merasa nyaman.

Selain itu, juga untuk persiapan mengikuti penilaian Lomba Kabupaten/Kota Sehat yang dilaksanakan pada tahun 2025 mendatang.

“Kita akan mengikuti Lomba Kabupaten/Kota Sehat pada tahun 2025 mendatang, jadi 2023 dan 2024 adalah tahap persiapan” ungkap Rakhmawaty usai rapat pembentukan forum tersebut.

Dijelaskannya, dengan terbentuknya forum KKS diharapkan sebagai wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasi dan berpartisipasi untuk turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan di Kabupaten/Kecamatan/ Desa yang terintegrasi dengan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman dan aman.

Di katanya lebih lanjut, tujuan program Kabupaten/kita sehat pada dasarnya adalah tercapainya kondisi Kabupaten untuk hidup dengan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan bekerja bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program- program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana dan produktivitas dan perekonomian masyarakat, ungkapnya.

Sebelumnya langkah- langkah yang perlu di laksanakan yaitu penguatan komitmen, peningkatan partisipasi masyarakat, peningkatan jejaring dan kemitraan, peningkatan akses dan kesetaraan dalam pelayanan dasar, peningkatan kualitas lingkungan dan peningkatan pembudayaan gerakan masyarakat hidup sehat.

Ke depan, diharapkan ada sinergisitas antara Forum Kabupaten/Kota Sehat dengan SOPD yang terkait langsung dalam unsur penilaian, harapnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *