by

Sukses, Musycap PC IMM OKU Timur 2023 Ajang Satukan Tujuan

-Ragam-150 views

OKU Timur Sumsel,Kabar One.com – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ogan Komering Ulu Timur (PC IMM OKU Timur) menggelar Musyawarah Cabang ke-1. Musycab pertama PC IMM OKU Timur dilaksanakan setelah sebelumnya pembentukan dan dilantik pada 15 April 2022.

Kegiatan yang mengusung tema, “Regenerasi kepemimpinan untuk mewujudkan IMM OKU Timur progresif” itu yang dilaksanakan di Aula Sekretariat Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) OKU Timur, Desa Karang Tengah, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Selasa (19/12/2023).

Ketua Pelaksana, M. Vicky Bagas Saputra mengatakan Musycab IMM OKU Timur ini merupakan Musycab perdana atau Musycab ke-1 ini sebagai langkah awal untuk melakukan pergerakan IMM yang lebih progesif lagi.

“Terima kasih atas sinergi IMMawan dan IMMawati dalam menyukseskan Musycap pertama PC IMM OKU Timur ini. Semoga kebaikan ini jadi amal dan jadi motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Gotong royong, sama-sama juga bagian dari asas kolektif kolegial yang jadi salah satu nilai dasar di IMM, bagai mana menyukseskan gerakan untuk IMM OKU Timur progresif,” terang Vicky.

Musycab ke-1 terdiri dari rangkaian kegiatan diantaranya seremonial pembukaan secara resmi dibuka oleh PDM OKU Timur, selanjutnya Pleno 1 tentang tata tertib sidang, Pleno 2 tentang laporan pertanggungjawaban (LPJ), Pleno III tentang sidang komisi A terkait program kerja kedepan, Komisi B terkait Rekomendasi gagasan, dan Komisi C terkait usulan gagasan narasi IMMawati (kesetaraan gender), setelah itu dilanjutkan sidang oleh panitia pemilihan (Panlih) terkait tata tertib pemilihan dan mekanisme pemilihan, Kemudian pengumuman hasil pemilihan dan penutupan.

Mewakili Ketua Umum, Riska Febriyanti selaku Sekretaris Umum PC IMM OKU Timur periode 2022/2023 dalam sambutannya mengatakan ucapan terima kasih dan permohonan maaf pengurus PC IMM OKU Timur periodesasi sebelumnya belum bisa merealisasikan program kerja secara maksimal karena masih berfokus pada urusan internalisasi IMM OKU Timur.

“Tetap semangat IMMawan dan IMMawati, berjuang bersama fastabiqul khairat. Untuk kader IMM OKU Timur harus menyatukan satu tujuan sesuai ciri khas yang dinamakan Tri Kompetensi Dasar IMM, yakni: Religiusitas, Intelektualitas dan Humanitas. Dengan ciri tersebutlah yang membedakan antara IMM dengan organisasi lainnya. Bermusyawarah dengan baik, satu tujuan sesuai tema Musycab kita, regenerasi kepemimpinan untuk mewujudkan IMM OKU Timur yang progresif,”. Jelas Riska.

Sementara itu, Perwakilan DPD IMM Sumsel IMMawan Preli Yulianto mengatakan ditugaskan untuk mewakili Ketua Umum DPD IMM Sumsel, Robiyatul Maulana untuk menghadiri Musycab ke-1 PC IMM OKU Timur. Ketua Umum berpesan untuk melaksanakan musyawarah ini dengan baik, kondusif, dan sesuai aturan AD/ART IMM, serta mengedepankan semangat fastabiqul khairat dalam mencari pemimpin untuk regenerasi kepemimpinnya kedepannya. Sedikit informasi DPD IMM Sumatera Selatan terpilih menjadi tuan rumah Muktamar IMM ke-20 di Kota Palembang Sumatera Selatan. Muktamar merupakan musyawarah ataupun kongres tertinggi, dan dihadiri anggota Dewan Pimpinan Pusat IMM, utusan-utusan Dewan Pimpinan Daerah, Pimpinan Cabang IMM se-Indonesia.

“Selamat bermusyawarah, selamat ini merupakan babak baru bagi PC IMM OKU Timur. DPD IMM Sumsel dalam hal ini mengapresiasi PC IMM OKU Timur melaksanakan Musyawarah Cabang ini. Musycab ini bisa jadi salah satu indikator keaktifan organisasi yang mana regenersi kepemimpinan benar-benar dijalankan pergantian atau rotasi kepengurusan, kemudian adanya pleno pleno dan diantaranya adanya laporan pertanggungjawaban (LPJ) program kerja periode sebelumnya, serta perumusan kebijakan arah gerak organisasi kedepannya dalam gagasan beupa narasi yang nantinya di aksi nyatakan,” jelas Prely.

“Ada yang ingat aktivis Ham, Munir? Aktivis Ham yang mati diracun Asenik dalam pesawat dan meninggal. Almarhum Munir berpesan begini: Aku lebih baik berkumpul dengan pembuat kopi, yang mau berbuat dengan kopinya, dari pada pembuat makalah yang tidak mau berbuat dengan makalahnya, begitu banyak akademisi, begitu banyak Doktor, begitu banyak Profesor, begitu banyak yang menulis Skripsi, Disertasi, Tesis. Tetapi, sedikit yang peduli terhadap realita sosialnya, yang peduli terhadap kondisi bangsa dan negara. Maka, dalam Musayawarah Cabang PC IMM OKU Timur ini harus ada refleksi dari gagasan-gagasan dalam Narasi yang harus diaksi nyatakan, diejawantahkan dalam pergerakan. Pemikiran, narasi KH. Ahmad Dahlan hingga hari ini dipakai sebagai fundamental kemajuan peradaban bangsa hingga organisasi Muhammadiyah berkembang maju seperti sampai hari ini, IMM pun harus bisa merefleksikan gerakan dari narasi menuju aksi nyata untuk IMM OKU Timur Progresif,” ungkap Prely yang merupakan Kabid. Medkom DPD IMM Sumsel, juga Penulis muda Sumsel itu.

Lanjut, Prely menuturkan sejarah pembentukan IMM OKU Timur yang merupakan konsekuensi sejarah. Menjamurnya Kampus di OKU Timur apalagi berdirinya STKIP Muhammadiyah OKU Timur otomatis membawa nuansa untuk kader yang bertebaran domisili (putra daerah) untuk adanya pemikiran, gagasan menjadi (narasi) untuk aksi/tindakan berperan membentuk IMM di OKU Timur.

PC IMM OKU Timur dibentuk atas dasar kesepakatan (konsensus) terjadi adanya konsolidasi dari sekumpulan kader IMM berbagai daerah di Palembang, dan Jawa yang berdomisili asli kelahiran OKU Timur menyamakan satu persepsi untuk menginisiasi pembentukan IMM OKU Timur, didukung Persyarikatan Muhammadiyah. Hal itu ditandai dengan kehadiran Sekretaris PWM Sumsel (konsolidasi instruktur) dalam mengisi materi Kemuhammadiyahan, dukungan penuh PDM OKU Timur, dan jajaran STKIP Muhammadiyah OKU Timur.

Kemudian, dilaksanakan Perkaderan Darul Arqam Dasar (DAD) dalam rangka pendirian Komisariat dan Cabang IMM OKU Timur. DAD berlangsung selama 4 hari di Pondok pesantren Yatim Piatu Al-Furqon Lubuk Harjo, Belitang Madang Raya, OKU Timur pada Sabtu-Selasa, 20 sd. 23 Februari 2021. Dengan generasi awal DAD Riska Febriyanti, M. Vicky Bagas Saputra, Betty Triyani, Shera Reffi Mariska dkk, dengan tim instruktur DAD IMM OKU Timur digerakan oleh Instruktur nasional IMMawan Chalit (MOT) asal kader Jogjakarta, dan 4 Instruktur lulusan PID asal IMM Palembang yakni, IMMawan Preli Yulianto (Vice moot/Sekretaris MOT), IMMawan M. Dwi Apriandi (Obsever), serta IMMawati Riska (Obsever).

Hasil dari DAD atas nama STKIP Muhamadiyah OKU Timur tersebut melahirkan 3 komisariat: Komisariat IMM An-Nafii, Komisariat IMM Djazman Al-Kindi, Komisariat IMM Al-Fazza, Kemudian 2 komisariat besutan dari DPD IMM Sumsel yakni; Komisariat IMM Ali Bin Abi Thalib (STISIP BINA MARTA) , dan Komisariat IMM Abu Bakar Ash-Shiddiq (STISIP BINA MARTA). Setelah dibentuk PC IMM OKU Timur pada 8 April 2022 dengan 5 Komisariat mengajuan SK dengan surat nomor: 001/A-1/VII/2022 ke DPD IMM Sumatera Selatan dan resmi dilantik pada 15 April 2022.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Timur, Prioyitno, S.Pd., M.M. mengatakan dalam musyawarah cabang ke-1 ini diharapkan musyawarah ini menghasilkan agenda terbaik, ataupun pemikiran-pemikiran yang berlian, seperti yang disampaikan oleh Mas Prely dan Mbak Riska tadi IMM harus progresif bukan hanya pada retorika, tidak hanya pada teori-teori, teori saja tapi bagai mana bisa melaksanakan kegiatan Kepemudaan, Angkatan Muda Muhammadiyah betul-betul terlaksana dengan baik.

“Pimpinan Daerah Muhammadiyah-Aisyiyah OKU Timur akan sinergi bergotong royong, bergandengan tangan untuk membesarkan IMM yang ada di OKU Timur. Terlebih lagi ada rasa kebanggaan IMM ini ada di Kampus STKIP Muhammadiyah OKU Timur dibawah komando Bapak Didi Franzhardi, M.Pd., kampus PTM di OKU Timur yang menjadi potensi untuk IMM berkembang. Saya berharap melalui musyawarah cabang pertama PC IMM OKU Timur ini menghasilkan agenda terbaik, ataupun pemikiran-pemikiran yang berlian,” ujarnya.

Adapun dalam pemilihan Musycab ke-1 tersebut, terpilih Ketua Umum dan 12 formatur. Dan mengkrucut hasil Musyawarah Cabang PC IMM OKU Timur periode 2023/2024 untuk pimpinan umum yakni; M. Vicky Bagas Saputra sebagai Ketua Umum, Betty Triyani sebagai Sekretaris Umum, dan Shera Reffi Mariska (Bendahara Umum). (Ril IMM)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *