Proyek Drainase Jalan Air Duren-Kemuja Milik PU Bangka Roboh, Padahal Baru Sebulan

Lipsus515 views

Bangka, Kabarone.com-Jika kita melintas dijalan raya antara batas Kelurahan Tua Tunu Kota Pangkalpinang, melaju hingga ke Desa Air Duren tembus ke Desa Kemuja, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka banyak ditemukan sejumlah proyek peningkatan jalan tahun 2023 . Karena ruas jalan ini adalah jalan kabupaten, sejumlah proyek itu tentunya berasal dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bangka.

Dan dari penelusuran,awak media terpantau ada 4 paket yang rerata perpaket senilai sekitar Rp 190-an juta. Yang apabila dikalikan 4, sekitar Rp 700-an juta lebih uang APBD Kabupaten Bangka yang digunakan.

Beberapa diantaranya seperti proyek pembuatan beton bahu jalan antara jembatan batas Kelurahan Tua Tunu-Desa Air Duren, yang sebagaimana diberitakan sebelumnya, dibulan Desember ini tampak semakin amburadul, mengarah hancur.

Kemudian ada proyek pembuatan plat deker (gorong-gorong) dijalan raya memasuki Desa Kemuja. Serta memasuki kawasan pemukiman Desa Kemuja dijalan tembus ke Desa Paya Benua, juga ada proyek pembuatan beton bahu jalan (berem) disekitaran waduk desa.

Rata-rata dari proyek pekerjaan tersebut banyak ditemukan sejumlah permasalahan, yang pengerjaannya diduga melenceng dari perencanaan.

Bahkan satu paket proyek, yaitu pembuatan saluran air tepi jalan atau drainase jalan didekat perkebunan sawit rakyat diujung batas Desa Air Duren-Desa Kemuja, ditemukan pada Selasa (26/12/2023), sekitar 5 meter panjang dari proyek drainase tersebut telah roboh sebelah.

Belum jelas penyebab robohnya drainase yang terbuat dari batu bata dan semen tersebut. Selain itu, ada bagian drainase yang telah retak. Pada pekerjaan ini, sepertinya pihak kontraktor hanya berfokus mengerjakan saluran saja. Sementara ada bagian beton saluran yang cukup panjang, yang bagian pada permukaan atasnya tidak ditimbun dengan tanah. Bahkan ada yang hampir setengah dari tinggi beton saluran.

Salah seorang warga yang berkebun tidak jauh dari lokasi, yaitu Nuh mengatakan jika proyek ini belum lama selesai. “Setahu saya belum lama selesai dibangun. “Katanya. Terkait ada bagian saluran jalan yang telah roboh, dikatakan Nuh pihaknya kurang paham.

“Sebab robohnya, saya kurang tahu. “Ujar Nuh. Sementara itu, pihak Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bangka, masih diupayakan konfirmasi.

Dari plang informasi yang terpasang diketahui proyek saluran air jalan ini dikerjakan oleh CV Sinar Mas Cemerlang dengan nilai Rp 193,6 juta. Kontrak pelaksanaan dari 14 Juli – 10 Nopember 2023. Sumber dana dari APBD Kabupaten Bangka, dibawah Dinas PUTR. (Hardi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *