by

PT Arutmin Laksanakan Apel Bulan K3, Ahmad Jueni; Berkomitmen Secara Individu Untuk Taati Aturan

-Daerah-105 views

KOTABARU,kabarOne.com- Dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024, PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin Melaksanakan Apel Bulan K3 Nasional.

Diketahui, gelaran tersebut berlangsung sejak 12 Januari hingga 12 Februari 2024, dan Apel Gabungan dilaksanakan di lapangan bola Dugan Camp Desa Sembilang Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru, Rabu (17/1/2024).

Apel K3 dihadiri oleh seluruh karyawan dan mitra kerja, dipimpin langsung oleh Ahmad Jueni Senakin Mine & NPLCT Manager sekaligus bertindak Sebagai Pembina Apel.

Adapun tema yang diusung yakni, “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”

Senakin Mine & NPLCT Manager Ahmad Jueni mengatakan, saya mengajak untuk semua yang terlibat dalam projek Senakin untuk selalu memperbaiki kinerja dari mulai dari diri kita sendiri dan peduli dengan rekan kerja, kemudian pengawas operasional pengawas teknis dilapangan dan PJU dan Kepala teknik Tambang.

“Kejadian fatality di tahun 2023 itu sungguh sangat di sesalkan setelah 6 tahun tidak ada fataliti yang terjadi, kini terjadi fatality, ini sudah saya ingatkan beberapa waktu lalu dengan banyaknya catatan-catatan near miss, medical complication injury, ini menandakan bahwa sangat berpotensi kejadian-kejadian yang besar itu terjadi fatality,” ungkap Juaeni.

Lebih lanjut, suatu kerugian yang sangat besar untuk Tambang Senakin dan untuk kita semua, sebagai gambaran buat rekan-rekan bahwa secara materi fatality yang terjadi kemarin menyebabkan kerugian hampir 100 miliar, jadi jangan di anggap hal yang sepele dan penyebabnya justru sepele.

“Jadi untuk memperbaiki hal ini jelas tidak lain kita harus berkomitmen secara individu dari masing-masing pihak untuk memperbaiki kinerja, meningkatkan ketaatan kita terhadap aturan-aturan yang berlaku terhadap SOP yang sudah dibuat,”harapnya.

Di bulan K3 kali ini panitia sudah merancang beberapa acara untuk kepedulian terhadap safety keamanan juga terhadap kesehatan, karena salah satu yang paling gencar di kampanyekan oleh minerba adalah kesehatan kerja.

“Jadi bukan hanya keselamatan kerja saja tapi juga kesehatan kerja, ditambah banyak catatan-catatan terkait kesehatan kerja dengan adanya perubahan gaya hidup, kurang istirahat dan ini akan berpengaruh,”tambahnya.

Dari beberapa rangkaian acara ini diharapkan kita bisa lebih meningkatkan kinerja keselamatan dan kesehatan di tahun 2024.

“Hari ini sama-sama kita berkomitmen dari individu masing-masing untuk mentaati aturan, ikuti SOP, kalau ada tidak sesuai dengan standar dan SOP laporkan keatasan, karena perusahan berkewajiban untuk menyediakan tempat kerja yang aman untuk kita semua,” paparnya.(HRB)

By; Herpani

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *