by

Keikutsertaan Sebuku Coal Group Dalam Mensosialisasikan Tentang K3

-Daerah-109 views

KOTABARU,kabarOne.com- PT Sebuku Coal Group laksanakan seminar strategis tentang keselamatan dan kesehatan kerja (K3) bertempat di kantor induk Sebuku Coal Group di Desa Selaru Kecamatan Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru, Jum’at (2/2/2024)

Kegiatan ini dihadiri KTT PT. SSC Luhut HT Siregar, KTT PT. STC Zulfikar Darwin, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kotabaru Sugian Noor dan Perwakilan dari Balai Ketenagakerjaan Provinsi Kalimantan Selatan Wilayah 4 Kotabaru- Tanah Bumbu.

Kepala Teknik Tambang PT. Sebuku Sejaka Coal (SSC) Luhut HT Siregar mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan bulan K3 tahun 2024, dan keberhasilan seminar ini tercermin dari partisipasi aktif beberapa perusahaan mitra yang ikut ambil bagian.

Ia jua menyampaikan PT Sebuku Coal Group, tidak hanya menyampaikan aspek keberhasilan perusahaan, tetapi juga menggarisbawahi komitmen kuat terhadap K3, dan peran penting K3 dalam menjaga produktivitas perusahaan.

“Seminar ini bukan hanya sekadar keharusan, tetapi juga bagian dari komitmen Sebuku Coal Group untuk memberikan pendidikan dan kesadaran kepada seluruh karyawan,” ungkap Luhut.

Luhut juga mengapresiasi kehadiran Balai Pengawasan Ketenagakerjaan dalam menyampaikan materi mengenai regulasi K3.

Lebih lanjut, dirinya menekankan pentingnya kerjasama antara perusahaan dan instansi pemerintah terkait untuk mencapai lingkungan kerja yang aman dan sehat.

“Ditegaskannya bahwa keselamatan adalah investasi jangka panjang, keberlanjutan perusahaan tidak hanya ditentukan oleh produksi yang tinggi, tetapi juga oleh bagaimana karyawan dapat bekerja dalam lingkungan yang aman dan sehat,” ungkapnya.

Sebagai pemimpin, ia tidak hanya mengarahkan perusahaan menuju kesuksesan finansial, tetapi juga mengajak seluruh karyawan untuk menjadi agen perubahan positif dalam aspek K3.

Sementara itu, perwakilan Balai Ketenagakerjaan Provinsi Kalimantan Selatan Wilayah 4 Kotabaru- Tanah Bumbu Fuad Zaki mengatakan, ungkapan syukur atas antusiasme karyawan yang hadir untuk berdiskusi tentang kesehatan kerja yang dijelaskan dan menjadi topik utama yang menarik perhatian.

Dalam konteks kepedulian terhadap K3, Balai Ketenagakerjaan mendapat tanggung jawab untuk memberikan materi tentang regulasi dan aturan yang perlu diterapkan.

“Fuad memberikan apresiasi yang tinggi atas Keberhasilan PT Sebuku Coal Group dalam menyelenggarakan kegiatan ini setiap tahunnya,”ungkapnya.

Dan seminar ini menjadi kesempatan bagi Balai Pengawasan Wilayah Kotabaru- Tanah Bumbu untuk memberikan masukan penting mengenai K3 kepada seluruh karyawan yang terlibat dalam kegiatan ini.

Di akhir acara, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kotabaru, Sugian Noor mengatakan, pentingnya kesadaran K3 dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bangun tidur hingga kembali tidur.

“Kesadaran K3 dapat diinternalisasi oleh setiap individu yang bekerja di perusahaan. Ini tidak hanya menjadi tanggung jawab perusahaan, tetapi juga sebuah komitmen dari setiap pekerja untuk menjaga keselamatan dan kesehatan dalam lingkungan kerja mereka,” harap Sugian.

Keikutsertaan Sebuku Coal Group dalam mensosialisasikan masalah K3 dinilai sangat positif, mengingat K3 menjadi kunci utama dalam meningkatkan produktivitas perusahaan.(HRB)

By; Herpani

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *