Bupati Serahkan Ratusan Juta Dikegiatan Safari Ramadhan di Pulau Laut Utara

Daerah189 views

KOTABARU,kabarOne.com- Dalam rangka safari ramadhan dan penyerahan Bantuan Sosial (Bansos) Bupati Kotabaru H Sayed Jafar beserta rombongan, Kepala SKPD kembali kunjungi Kecamatan Pulau Laut Utara, Selasa (02/4/2024).

Safari Ramadhan kali ini sangat istimewa bagi masyarakat, karna banyaknya Bantuan Sosial yang diberikan oleh Pemkab Kotababaru di bulan suci Ramadhan.

Mewakili Bupati Kotabaru Kepala Dinas Inspektorat Akhmad Fitriadi mengatakan, hari ini kita sudah memasuki 22 Ramadhan, dan ditempat yang penuh rahmat ini bukan hanya pemberian bansos saja tapi juga ajang untuk bersilaturahmi antara pimpinan daerah dengan masyarakat.

“Ini adalah Safari Ramadhan Bupati yang ke 4 kalinya, diantara Kecamatan yang sudah di kunjungi Bupati yakni, Kecamatan Pamukan Barat, Pulau Laut Timur, Pulau Laut Utara dan Pulau Laut Tengah,” Kepala Inspektorat.

Semoga kegiatan dari pemerintah ini bisa terus berjalan hingga selesai Ramadhan dan masyarakat yang sudah mendapatkan bantuan agar dipergunakan sebaik baiknya.

Sementara itu, Camat Pulau Laut Utara Hj Frida Yusrina menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Kotabaru dan Rombongan yang datang ke Kecamatan Pulau Laut Utara untuk memberikan bantuan sosial bagi warganya.

“Saya siap menjalankan Visi- Misi Bupati dalam pelayanan masyarakat yang ada di Kecamatan yang saya pimpin ini, karna saat ini Pulau Laut Utara adalah Kecamatan yang mempunyai banyak Desa yang ada Kabupaten Kotabaru,” Kata Hj Frida.

Semoga bantuan yang disalurkan oleh Pemkab dan SKPD ini bisa bermanfaat bagi yang menerima dan bertempatan pula dengan Bulan Suci Ramadhan.

Pemkab Kotabaru merilis data Bansos yang di terima oleh masyarakat, diantaranya bantuan dari Dinas Sosial berupa bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) tahap Pertama sebanyak 4 orang, bantuan PKH untuk 745 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Selain itu dari Dinas Sosial juga berikan Bantuan Pangan Non Tunai ( BPNT) untuk 1319 KPM, Bansos anak terlantar untuk 1 orang.

Dinas Pertanian juga menyerahkan penyaluran cadangan pangan beras sebanyak 9.440 Kilogram untuk 944 Kepala Keluarga yang menerima, Dinas Kesehatan juga memberikan bantuan untuk masyarakat Pulau Laut Utara berupa makanan tambahan kesehatan untuk 10 paket ibu hamil, 10 paket balita dan 10 paket remaja putri.

Dinas P3AP2KB memberikan bansos untuk 3 orang anak berstatus beresiko stunting, Dinas Perumahan dan Pemukiman menyerahkan secara simbolis bantuan rehab rumah tidak layak huni untuk 9 Desa yang ada di Kecamatan Pulau Laut Utara, diantaranya Desa Semayap 2 Unit, Gunung Sari 9 Unit, Gunung ulin 5 Unit, Sungai Taib 5 Unit sebelimbingan 10 Unit.

Desa Megasari sebanyak 20 Unit, Dirgahayu 11 Unit, Stagen 26 Unit serta Kotabaru Hulu mendapatkan 7 Unit dan Bantuann DAK Tematik PPKT di Desa Stagen sebanyak 250unit.

Selain Dinas Perkim, Dinas Perikanan Kotabaru juga memberikan bantuan sarana prasarana budidaya air payau, air tawar dan UPR. juga ada bantuan KUB Armada Jaya Desa Rampa sebanyak 10 Unit dan KUB Camar Laut untuk Kelurahan Kotabaru Hulu sebanyak 10 unit.

Untuk bantuan Pendidikan, Dinas Pendidikan memberikan Bantuan Rehab bangunan sarana dan prasarana PAUD, SD dan SLTP.

Bantuan dari bidang keagaaman juga tidak ketinggalan yang mana bantuan ini bersumber dari Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Sekretariat Daerah berupa uang Rp. 50 juta untuk mesjid Al Baqarah Desa Rampa.

Mesjid Addimul Qayyimah yang berlokasi di Gunung Ulin mendapatkan Dana Rp. 30 juta, dan Langgar Babussalam mendapatkan bantuan sebesar Rp. 100 kita, Kesra memberikan bantuan Rp. 200 juta kepada langgar An-Nu Desa Megasari.

Bantuan langgar Nurul Hikmah Desa Megasari sebesar Rp 200 juta, dengan total keseluruhan dana bantuan dari Kesra sebesar Rp. 1 Milyar, 150 juta untuk bantuan di Kecamatan Pulau Laut Utara dan Kecamatan Pulau Laut Tengah sebesar Rp. 437 juta.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *