Bus Rosalia Indah Alami Kecalakaan di Tol Batang – Semarang, 7 Meninggal, Ini Penyebabnya

Daerah655 views

SEMARANG,kabarone.com – Kecelakaan maut kembali terjadi di tengah arus mudik Lebaran 2024. Kali ini Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan yang menewaskan tujuh orang.

Kecelakaan terjadi di KM 370 + 200 A arah Semarang Ruas Jalan Tol Batang-Semarang di wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (11/4/2024) pukul 06.30 WIB pagi.

Berdasarkan rilis dari PT Jasa Marga Semarang – Batang Kronologi kejadiannya, Bus melaju dari arah Barat menuju ke arah Timur diduga pengemudi mengantuk sehingga bus keluar jalur masuk ke parit sejauh sekitar 200 meter.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan mengatakan, kecelakaan diakibatkan sopir mengantuk karena kelelahan.

“Keterangan dari saksi, terutama pengemudi bus, ini keterangannya memang dari awal sudah kelelahan. Kemungkinan terjadi microsleep maka terjadi kecelakaan tunggal,” ujar Aan saat konferensi pers di Rumah Sakit Weleri, Kendal, Kamis (11/4/2024)

*Microsleep adalah saat di mana seseorang tertidur selama beberapa detik*

Aan juga mengatakan, bus sudah diganti di Km 227. Namun, tidak dengan sopirnya

Pihak kepolisian berkoordinasi dengan Jasa Marga melakukan penanganan dan evakuasi terhadap kejadian tersebut. Terpantau sampai dengan saat ini, kondisi lalu lintas kendaraan di Jalan Tol Ruas Batang Semarang ramai lancar kedua arah.

Direktur PT Rosalia Indah, FX Adimas Rosdian, menyampaikan rasa prihatin dan duka cita atas kecelakaan yang terjadi pada salah satu armadanya itu.

“Betul, kami prihatin dan berduka cita yang mendalam untuk korban dan keluarga korban,” kata Adimas

“Penumpang yang selamat sudah dievakuasi dengan bus baru,” lanjutnya

Adapun, sopir diduga mengantuk saat mengendari bus. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Tengah Komisaris Besar Polisi Satake Bayu Setianto, menduga sopir ngantuk saat kecelakaan terjadi, hal ini seperti disanpaikan Kakorlantas Polri saat konferensi pers.

Pihak Rosalia Indah saat ini fokus pada penanganan penumpang yang menjadi korban kecelakaan sehingga belum memberikan banyak komentar.

“Untuk saat ini kami fokus ke penumpang dahulu ya,” kata Public Relation PO Rosalia Indah Yofie Agnonic.

Untuk diketahui Bus bernomor polisi AD 7019 DA jurusan Bekasi – Jawa Timur tersebut mengangkut 34 penumpang Tujuh penumpang tewas, yaitu 4 wanita dan 3 pria. Dari total korban tewas, ada dua anak di bawah umur berusia 3 dan 1 tahun.

Sementara, empat korban selamat telah pulang dan diantar oleh manajemen bus Rosalia Indah. Penumpang lain yang terluka termasuk sopir bus masih dalam perawatan.

AMR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *