225 Calhaj Kotabaru Ikuti Bimbingan Manasik Haji, Calhaj Umur 82 Tahun Dari Kelumpang Tengah

Daerah168 views

KOTABARU,kabarOne.com- Pembukaan Bimbingan Manasik Haji bagi Jama’ah Calon Haji Kabupaten Kotabaru Tahun 2024 di gelar oleh Kementerian Agama Kotabaru.

Kegiatan dilaksanakan di Masjid Agung Husnul Khatimah Kotabaru, Selasa (16/04/2024) dengan tujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dalam pelaksanaan Ibadah Haji ke tanah suci Makkah dan Madinah.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kotabaru, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Perwakilan Perbankan, Tim Pembimbing Manasik, Jamaah calon haji selaku peserta bimbingan manasik haji juga undangan terkait lainnya.

Dalam laporan Panitia Pelaksana Bimbingan Manasik Bagi Jamaah Haji disampaikan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H. Herman Prasetio, S. Ag, M.M menyampaikan tujuan diadakannya pembinaan Manasik Ibadah Haji ini agar Jamaah haji memahami kebijakan pemerintah Indonesia tentang kebijakan penyelenggaraan haji dan umrah.

“Selain memahami kebijakan Pemerintah baik di Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji, selain itu jemaah juga diberikan pemahaman tentang pelayanan kesehatan haji dan tata cara pelaksanaan ibadah haji agar lebih mandiri dan siap dalam menjalankan rangkaian ibadah haji baik saat di tanah air maupun saat di Arab Saudi,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kotabaru dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Zainal Arifin, S.STP, M.Si mengucapkan selamat kepada jamaah calon haji yang mengikuti kegiatan manasik dan akan berangkat menuju ke Tanah Suci.

“Kegiatan Manasik Haji ini sangat penting bagi jamaah calon haji, karena akan menambah wawasan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan ajaran Islam dalam menjalankan rukun haji,” tambahnya.

Untuk itu, kepada para jamaah calon haji yang akan berangkat agar dapat mengikuti kegiatan manasik haji dengan sungguh-sungguh agar dapat menyerap ilmu yang disampaikan dengan baik.

“Seluruh jamaah calon haji bisa menyiapkan diri dengan baik, menjaga kesehatan, meningkatkan kesabaran dan menata niat secara tulus karena ibadah haji itu tidak hanya fisik namun juga mental spiritual” pesannya

Di tambahkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru Dr. H. Ahmad Kamal, SHI, S.Ag dalam sambutannya meminta kepada jamaah calon haji bisa mengikuti rangkaian kegiatan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

“Kepada jamaah calon Haji yang menjadi peserta Manasik Haji agar bisa mengikuti rangkaian kegiatan bimbingan manasik agar bisa memahami, mengerti dan mengamalkan pada saat pelaksanaan ibadah haji nantinya,” harap Kamal.

Pelaksanaan kegiatan bimbingan manasik ini berlangsung selama 2 (dua) kali pertemuan yaitu Selasa,16 April 2024 dan Kamis, 25 April 2024.

Adapun kegiatan bimbingan manasik untuk tingkat Kecamatan dilaksanakan selama 8 hari mulai tanggal 17 s/d 24 April 2024, bertempat di Islam Centre, Aula Kodim 1004 Kotabaru dan Aula STIT Darul Ulum Kotabaru serta Masjid Agung Husnul Khatimah untuk pelaksanaan kegiatan Praktek manasik hajinya.

Untuk jumlah jamaah calon haji Kabupaten Kotabaru tahun 2024 berjumlah 225 orang, dengan rincian Jamaah laki-laki sebanyak 95 orang, perempuan 130 orang.

Sedangkan Jamaah termuda berusia 21 tahun atas nama Fadel Prima Nugraha asal Jamaah Haji Kecamatan Pulau Laut Utara. Jamaah tertua usia 82 tahun atas nama Habibah Anang Zakaria asal Jamaah Haji Kecamatan Kelumpang Tengah.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *