SK Perpanjangan Jabatan Kepala Desa di Lamongan di Teken, Momentum Kolaborasi untuk Desa Mandiri

Daerah87 views

Lamongan,Kabar One.com- Dalam rangkaian Hari Jadi Lamongan ke-455, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, yang akrab disapa Pak Yes, menyerahkan Surat Keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan kepada 453 kepala desa di Alun-alun Kabupaten Lamongan. Momen ini menjadi ajang penting untuk mengajak para kepala desa meningkatkan kolaborasi dalam pembangunan desa menuju status desa mandiri.

“Selamat atas perpanjangan masa jabatan. Saya tekankan pentingnya kolaborasi dalam pembangunan desa, terutama menuju status mandiri,” kata Pak Yes

Hingga tahun 2023, Lamongan telah mencatatkan kemajuan dengan 166 desa berstatus mandiri, 328 desa maju, lima desa percontohan, dan 58 desa berkembang. Selain itu, terdapat 32 desa wisata dan 271 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) aktif yang dikelola oleh desa-desa di Lamongan.

Pak Yes menegaskan bahwa kepala desa sebagai subjek pembangunan harus berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. “Pelayanan maksimal akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, mengatasi kesenjangan, dan memaksimalkan potensi desa. Desa akan menjadi kekuatan utama dalam pembangunan,” tambahnya.

Dengan disahkannya Undang Undang Nomor 3 tahun 2024, perpanjangan masa jabatan kepala desa ini tidak hanya bertujuan memperpanjang masa jabatan, tetapi juga mempercepat kinerja pemerintah desa yang profesional, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel.

Dalam pidatonya, Pak Yes mengajak seluruh desa untuk menerapkan nilai-nilai kepemimpinan tokoh Lamongan masa lampau seperti wibawa Ronggohadi, keuletan dan keberanian Joko Tingkir, serta kearifan dan welas asih Sunan Drajat dan Sunan Sendang Duwur.

Kepala Desa Karang Kecamatan Sekaran, Muhtar menyatakan,” bahwa perpanjangan jabatan ini akan dimanfaatkan untuk melanjutkan pembangunan desa dengan menggali dan mengembangkan potensi desa melalui inovasi.

“Perpanjangan masa jabatan kepala desa ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam mengakselerasi pembangunan desa-desa di Lamongan menuju status desa mandiri, dengan semangat kolaborasi dan inovasi,”ucapnya.(****).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *