Arutmin Kenalkan Silangka, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Satwa Langka

Daerah105 views

KOTABARU,kabarOne.com- PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin mengenalkan aplikasi silangka (sistem informasi laporan satwa langka) kepada masyarakat lingkar Tambang, bertempat di Camp Dugan Desa Sembilang Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru, Senin (1/7/2024).

Dihadiri Kepala Desa dan perwakilan masyarakat lingkar tambang, Perwakilan ibu-ibu PKK, pelajar, kelompok konservasi Lutung Dahi Putih dan Bakau Muara Teluk Kelumpang serta perwakilan LSM.

M Nirwan Surahman Environmental Engineer PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin menjelaskan, tujuan dan manfaat silangka adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang satwa langka, mempermudah pelaporan keberadaan satwa langka, dan menyediakan data untuk penelitian serta konservasi.

Lebih lanjut, Silangka adalah sebuah aplikasi berbasis teknologi informasi yang dirancang untuk memudahkan pelaporan, pemantauan, dan perlindungan terhadap satwa langka.

Selain itu, pengguna dapat dengan mudah melaporkan observasi tentang keberadaan, aktifitas atau ancaman terhadap satwa langka melalui antar muka yang intuitif melalui aplikasi seluler.

“Data yang terkumpul dari aplikasi silangka digunakan untuk merancang strategi perlindungan yang efektif, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang tentang pentingnya konservasi, dan memperkuat partisipasi masyarakat dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup,” jelasnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *